nusabali

Hindari Galungan, Lomba Gerak Jalan Digelar Lebih Awal

  • www.nusabali.com-hindari-galungan-lomba-gerak-jalan-digelar-lebih-awal

AMLAPURA, NusaBali - Camat Abang, Karangasem Artha Negara, memajukan pelaksanaan Lomba Gerak Jalan serangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Lomba diadakan pada 24 - 26 Juli 2023, dari biasanya minggu pertama Agustus.

Upaya itu untuk menghindari berbenturan dengan liburan sekolah karena Hari Raya Galungan – Kuningan, mulai Senin (31/7) – Sabtu (12/8).

"Kami menggelar lomba lebih awal, guna menghindari libur Galungan dan Kuningan," jelas Camat Artha Negara, usai melepas peserta lomba gerak jalan tingkat SMP, SMA-SMK dan PKK, di Rest Area Banjar Kang-Kang, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (26/7).

Jika waktu lomba dilaksanakan setelah Galungan, maka akan berbenturan dengan pelaksanaan di tingkat kabupaten. Di sisi lain, beberapa peserta lomnba gerak jalan dari Kecamatan Abang, juga ambil bagian dalam lomba lain tingkat kabupaten.

Turut mendampingi Camat Abang Artha Negara pada acara kemarin, Sekcam Abang yang juga Ketua Panitia I Putu Agus Teja. Hadir juga Kapolsek Abang AKP I Ketut Anyar Wijana, Danramil Abang Kapten Inf I Ketut Sukrada, ikut melepas peserta lomba.

Camat Artha Negara menambahkan, mengingat panitia memajukan pelaksanaan lomba, maka sejak awal telah melakukan pemberitahuan kepada sekolah-sekolah agar lebih awal melaksanakan latihan gerak jalan. Latihan gerak jalan rata-rata dilaksanakan pada Juni 2023, saat siswa menjalani libur kenaikan kelas.

Lomba kemarin menghadirkan peserta dari tingkat SMP 12 regu putra dan 13 regu putri, tingkat SMA dan SMK 3 regu putra dan 5 regu putri, dan 14 regu PKK Desa se-Kecamatan Abang.

Start di Rest Area Banjar Kang-Kang, Desa Kerta Mandala, dan finish di perempatan Desa Labasari, Kecamatan Abang dengan menempuh jarak sekitar 8 kilometer.

Ketua Panitia I Putu Agus Teja mengatakan, lomba gerak jalan dilaksanakan sejak Senin (24/7) melombakan nomor SD putra dengan start di Lapangan Gajahwea, Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang, dan finish di parkir Objek Wisata Mahagangga, Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang.

Sedangkan nomor SD putri berlomba pada Selasa (25/7), dengan start di parkir Lapangan Banjar Kemuda, Desa Tribuana, Kecamatan Abang dan parkir di Lapangan Gajahwea, Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang. "Nanti para pemenangnya menerima hadiah saat puncak peringatan HUT ke-78 RI di Lapangan Gajahwea," jelasnya.

Kata Agus Teja, selama lomba berlangsung, sepanjang perjalanan tampak krodit. Peserta tidak bisa bergerak leluasa karena padatnya arus lalulintas. Sebab, jalur lomba merupakan akses jalan Amlapura - Singaraja.

Kapolsek Abang AKP I Ketut Anyar Wijana mengerahkan anggotanya untuk berjaga-jaga di setiap pertigaan dan perempatan jalan. Dia bersinergi dengan Danramil Abang Kapten Inf I Ketut Sukrada yang juga menerjunkan anggota. "Kami sudah jaga di sepanjang jalur lomba, agar jalannya lomba tetap lancar dan lalulintas selama lomba, bergerak merayap," kata Kapolsek Anyar Wijana.7k16

Komentar