nusabali

Doohan Yakin Marquez Mampu Juara Dunia Lagi

  • www.nusabali.com-doohan-yakin-marquez-mampu-juara-dunia-lagi

SYDNEY NusaBali - Legenda MotoGP Mick Doohan yakin Marc Marquez mampu menjadi juara dunia lagi jika pindah ke KTM. Doohan mengakui penasaran dengan kiprah The Baby Alien - julukan Marquez - bersama tim pabrikan Austria tersebut.

Marquez masih belum memperlihatkan performa terbaiknya pada musim ini. Sebab, Repsol Honda gagal mengembangkan motor RC213V yang kompetitif musim ini.

Marquez bahkan sering terpelanting di lintasan hingga hanya mampu mencatatkan 15 poin dari delapan seri MotoGP 2023. Dengan torehan tu, Marquez harus puas hanya di peringkat ke-19 klasemen.

Manajer Repsol Honda, Alberto Puig bahkan mengakui timnya tidak mampu memberikan motor terbaik untuk pembalap 30 tahun itu. Melihat situasi itu, Doohan merasa prihatin dengan nasib Marquez.

Legenda MotoGP tersebut berpendapat Marc Marquez sebaiknya meninggalkan Honda. Pelabuhan yang disarankannya  adalah KTM karena Marquez dinilai bakal punya peluang juara dunia lagi jika ke sana.

“Marc memiliki hubungan kerja yang sangat baik dengan Honda, tetapi hubungan kerja di dunia seperti ini adalah bisnis. Pekerjaannya adalah balapan roda dua, dan dia membutuhkan lingkungan yang tepat, yang tidak dimiliki Honda saat ini,” kata Doohan di Tuttomotoriweb, Rabu (19/7).

Namun, Doohan juga meyakini mantan timnya, Honda, mampu bangkit. Juara dunia lima kali tersebut meyakini bahwa tim asal Jepang itu mampu bangkit asalkan bersedia untuk bekerja keras.

“Honda masih merupakan merek penting, mereka tahu cara bangkit kembali. Mereka selalu kuat dari sudut pandang teknis, tetapi Anda juga membutuhkan semangat yang baik untuk balapan. Balapan bukanlah angka, tapi gairah. Saya yakin dengan fokus yang tepat dan kerja keras, mereka bisa menang lagi di masa depan,” tutup Doohan. *

Komentar