nusabali

Selama 2022, Badung Gelontorkan Rp 920 Miliar Dana 'Cuma-Cuma'

  • www.nusabali.com-selama-2022-badung-gelontorkan-rp-920-miliar-dana-cuma-cuma

MANGUPURA, NusaBali.com - Badung menjadi kabupaten paling dermawan di Provinsi Bali lantaran sering menyalurkan dana hibah bahkan hingga ke luar daerah.

Sepanjang realisasi APBD Tahun Anggaran 2022, Rp 920 miliar telah dicairkan sebagai dana 'cuma-cuma'.

Ketua DPRD Kabupaten Badung I Putu Parwata membeberkan, dana hibah menyusun sekitar 25-30 persen dari APBD Badung Tahun Anggaran 2022.

"Realisasinya hampir Rp 920 miliar," kata Parwata dijumpai usai memimpin rapat paripurna, Selasa (18/7/2023) di Puspem Badung.

Kata Parwata, sejumlah komposisi dana hibah ini disalurkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan sosial kemasyarakatan.

Seperti yang diketahui, banyak bangunan wantilan, bale banjar, pura, dan tempat ibadah lain yang tampak baru di Kabupaten Badung. Begitu pula, upacara adat dan keagamaan yang mendapat dukungan dana.

"Semua kebanyakan itu untuk infrastruktur dan sosial masyarakat," imbuh Parwata yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung ini.

Pada Oktober 2022 silam, Pemkab Badung melakukan roadshow di enam kecamatan untuk penyaluran dan hibah. Jumlahnya mulai dari beberapa miliar rupiah hingga puluhan miliar rupiah.

Selain masyarakat, kelompok masyarakat, dan instansi di lingkup Kabupaten Badung dan Bali, lembaga vertikal juga turut kecipratan dana hibah ini dari tahun ke tahun.

Pemkab Badung bahkan menyiapkan portal khusus bernama E-Hibah dan Bansos yang bisa diakses masyarakat dan instansi perihal permohonan dana hibah.

Laman e-hibah.badungkah.go.id itu dikelola oleh Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Badung. Ada 11.964 entitas yang telah disahkan dan bisa mengajukan hibah dan bansos. *rat

Komentar