nusabali

Satpol PP Amankan Bule ODGJ dan Puluhan Gepeng

  • www.nusabali.com-satpol-pp-amankan-bule-odgj-dan-puluhan-gepeng

GIANYAR, NusaBali - Kadis Satpol PP Gianyar I Made Watha menugaskan anggotanya rutin menggelar patroli ke setiap kecamatan untuk menegakkan Perda Ketertiban Umum. Satpol PP Gianyar berhasil mengamankan puluhan gepeng yang diangkut truk.

Semua gepeng itu berasal dari Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem. “Beberapa hari lalu kami mengamankan satu truk gepeng, sebanyak 26 orang. Kami amankan di kawasan Kota Gianyar, Kecamatan Ubud, Kecamatan Blahbatuh, dan kecamatan lainnya. Kami kembalikan ke Dinas Sosial untuk dibina dan dipulangkan ke Munti Gunung,” ujar Watha, Minggu (16/7).

Berdasarkan pantauan di lapangan, para gepeng ini terlihat mengemis di kawasan Gianyar sejak Sabtu 15 Juli 2023. Mereka mengemis di areal parkir gerai kuliner kawasan kota. “Para gepeng ini tak pernah jera. 

Karena yang kami tangkap, orangnya itu-itu saja. Mereka gak pernah jera karena masih ada yang memberi. Kami tegaskan kepada masyarakat agar tidak memberi uang pada gepeng. Sebab mereka mengemis karena malas bekerja,” ujar Watha. Menurutnya, anggota Satpol PP kerap mengamankan gepeng seperti itu. 

Terbaru, Satpol PP mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di depan Pasar Bedulu Blahbatuh, Sabtu (15/7). “Kemarin kami amankan ODGJ dari Irlandia yang ngoceh di depan Pasar Bedulu. Pengamanan ini berdasarkan laporan Perbekel Desa Bedulu,” ujar Watha. 

Dia menjelaskan, bule perempuan bernama Grayclodagh berusia 26 tahun itu kerap berkeliaran di jalan. Satpol PP telah mengirim bule itu ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bali di Kabupaten Bangli. “Saat dimintai data, yang bersangkutan tidak bawa apa-apa, termasuk paspor. Kami sudah kirim ke RSJ Bangli. Ternyata sudah pernah berobat dan rawat inap di sana,” kata Watha. 7 nvi

Komentar