nusabali

Aliansi Rakyat Sediakan Jagatps.id Permudah Hitung Suara Pemilu

  • www.nusabali.com-aliansi-rakyat-sediakan-jagatpsid-permudah-hitung-suara-pemilu

JAKARTA, NusaBali - Aliansi Rakyat untuk Demokrasi yang diinisiasi oleh Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera) menyediakan laman web jagatps.id untuk mempermudah penghitungan suara Pemilu 2024 mendatang. Aldera mengklaim web yang diluncurkan ini akan mengawal seluruh TPS (Tempat Pemungutan Suara) di seluruh Indonesia.

"Sistem teknologi informasi seharusnya dapat mempermudah penghitungan suara pemilu. Oleh karena itu, Aliansi Rakyat untuk Demokrasi menyediakan satu sistem pengumpulan, verifikasi, input, rekapitulasi, dan perilisan ke laman web jagatps.id," ujar perwakilan Aliansi Rakyat untuk Demokrasi Valentina Sagala di Jakarta, Jumat (14/7).

Pernyataan mengenai laman web jagatps.id tersebut merupakan salah satu poin yang termuat dalam Deklarasi Kawal Pemilu untuk Demokrasi yang disusun oleh Aliansi Rakyat untuk Demokrasi yang beranggotakan laki-laki dan perempuan yang berkomitmen memperjuangkan demokrasi.

Dikatakan pula oleh Valentina bahwa mekanisme penggunaan jagatps.id dimulai dari dua sukarelawan yang akan lakukan pengawalan dan pengawasan terhadap penghitungan suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, mereka memfoto data formulir C1 atau formulir rekapitulasi penghitungan suara, kemudian mengirimkannya dalam kanal yang sudah disiapkan di jagatps.id.

Saat ini, berdasarkan pantauan ANTARA, laman web jagatps.id belum dapat diakses. Laman tersebut hanya menampilkan lambang Aldera dan tulisan Kawal Pemilu 2024 untuk Demokrasi.

Valentina memperkirakan penghitungan suara Pemilu 2024 secepat-cepatnya 4 hari dan selambat-lambatnya 7 hari dengan memanfaatkan laman web jagatps.id.

Perkiraan itu jauh lebih cepat daripada masa penghitungan oleh KPU RI, yakni paling lambat 35 hari setelah hari pemungutan suara. Menurut dia, penghitungan suara yang lebih cepat itu dapat mengurangi potensi kecurangan.

Selain membahas laman web jagatps.id, deklarasi yang dilakukan oleh Aliansi Rakyat untuk Demokrasi juga memuat beberapa poin lainnya, seperti mendorong pengawasan yang akurat dan cepat dalam penghitungan suara Pemilu 2024.

Berikutnya, mereka juga mendorong seluruh pihak berkolaborasi memastikan Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan prinsip langsung, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berintegritas. ant

Komentar