nusabali

Rai Wahyuni Sanjaya Kembali Salurkan Sembako

Bantu Kebutuhan Pokok Masyarakat Kerambitan dan Selemadeg Timur

  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-sanjaya-kembali-salurkan-sembako

TABANAN, NusaBali - Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat, Ketua TP PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya kembali melakukan aksi sosial di Kecamatan Selemadeg Timur dan Kecamatan Kerambitan.

Melalui program Menyapa dan Berbagi  yang dilangsungkan Jumat (14/7), ratusan warga dibantu kebutuhan pokok.

Di Selemadeg Timur, ada 25 lansia dibantu, 20 ibu hamil, 25 balita dan 100 kader PKK menerima bantuan. Kemudian di Kerambitan, bantuan diberikan kepada 25 lansia, 20 ibu hamil, 25 balita dan 150 kader PKK. Kebutuhan pokok yang dimaksud seperti beras, telur dan susu serta kebutuhan pokok lainnya. 

“Ini adalah bentuk perhatian dari Pemkab Tabanan, dari Bapak Bupati (I Komang Gede Sanjaya) dan melalui saya dari PKK, untuk tetap memperhatikan ibu bapak sareng sami, para lansia, ibu hamil dan alit-alit (anak-anak) semuanya, sekaligus untuk memberikan motivasi dan semangat," ujarnya. 

Tak hanya memberikan bantuan saja, ajang tersebut juga dijadikan untuk terus mensosialisasikan program kerja PKK yang menjadi tujuan pembangunan Tabanan serta mempercepat tercapainya Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. Termasuk sosialisasi yang berfokus pada ketahanan pangan keluarga yakni ‘Aku Hatinya PKK’, pembatasan timbunan sampah plastik dan pengelolaan sampah berbasis sumber, serta penanganan stunting. 

“Kehadiran kami, ingin terus mensosialisasikan, karena merupakan tugas unggulan, ada 10 program pokok dan ada yang namanya program unggulan. Jadi mana yang prioritas, sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini,” terangnya. 

Di kesempatan itu Bunda Rai juga berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah yang ada di rumah tangga. Seluruhnya saling berkaitan, menanam tanaman yang bermanfaat dengan program Aku Hatinya PKK, juga dapat memanfaatkan sampah rumah tangga sebagai pupuk, dimana pemanfaatan tersebut juga mampu mengurangi timbunan sampah di kalangan keluarga. 

Selebihnya, Bunda Rai juga menekankan, ibu-ibu dan kader Posyandu untuk semakin menggencarkan sosialisasi terkait stunting. Apalagi saat ini, Kabupaten Tabanan telah berhasil meraih predikat penghargaan penanganan stunting terbaik tingkat nasional, yang di mana hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi Tabanan 

“Kita harus bangga, artinya kerja keras kita, sinergi kita sudah berjalan dengan baik. Oleh sebab itu harus ditingkatkan lagi, sebab berkat sosialisasi kita, intervensi kita, saling sinergi dengan stakeholder yang berjalan dengan sangat bagus. Mari kita tingkatkan lagi agar angka stunting di Kabupaten Tabanan bisa menjadi tidak ada atau nihil. “Saya bangga sekali dengan SDM orang-orang Tabanan, seperti yang sering diucapkan Pak Bupati, harus ‘Bangga Jadi Orang Tabanan’," kata Rai Wahyuni Sanjaya. 

Sementara itu Ketua TP PKK Kecamatan Kerambitan Ni Komang Ayu Ratmini menyambut baik kunjungan Bunda Rai dan jajaran. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan Menyapa dan Berbagi, di mana itu merupakan salah satu bentuk perhatian dari Ibu Ketua Kepada masyarakat. Dengan turun dan bertemu langsung, tentu merupakan hal yang sangat besar artinya bagi kami," katanya

Dia berharap, program ini dapat terus berjalan ke depan sebagai bentuk kepedulian social dalam mewujudkan Visi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. “Kami mewakili masyarakat Kecamatan Kerambitan mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya, harapannya semoga amal kebaikan yang dilakukan kepada masyarakat, akan tetap menjadi mutiara di hati masyarakat," tandasnya. @des 

Komentar