nusabali

Jumlah Konsumen 'E-commerce' Generasi Tua Meningkat

  • www.nusabali.com-jumlah-konsumen-e-commerce-generasi-tua-meningkat

JAKARTA, NusaBali - Laporan Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia 2023 yang dilakukan oleh Kredivo dan Katadata Insight Center menemukan, konsumen e-commerce dari generasi tua terus mengalami peningkatan.

SVP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari mengatakan, meskipun generasi millenial masih mendominasi transaksi di e-commerce, tapi terdapat peningkatan jumlah transaksi oleh generasi lebih tua yang konsisten setiap tahunnya.

"Di 2020, konsumen berusia 36 tahun ke atas menyumbang 24 persen dari total transaksi, kemudian meningkat menjadi 29 persen di 2021 dan menjadi 31 persen pada 2022," ujar dia dalam keterangan resmi, seperti dilansir kompas.com, Selasa (11/7).

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus manfaatkan peluang. Untuk memanfaatkan peluang ini, ia bilang, pelaku UMKM dapat menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Adapun, beberapa hal tersebut misalnya peralatan kebersihan atau yang menunjang kenyamanan dan keamanan rumah.

Indina bilang, produk makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan juga memiliki potensi yang cukup besar seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya hidup sehat.

Di sisi lain, seiring dengan semakin maraknya kegiatan luar jaringan atau offline, produk peralatan kantor dan belajar juga mulai kembali diminati.

"Di masa transisi, terjadi peningkatan jumlah transaksi produk peralatan kantor dan belajar hampir 1,5 kali lipat," imbuh dia.

Menurut hasil studi, peningkatan ini dapat dikaitkan dengan mulai kembalinya aktivitas perkantoran dan kegiatan belajar mengajar tatap muka pada saat ini.

Pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan produk peralatan kantor dan belajar yang bervariatif serta sesuai dengan tren terkini.

"Selain itu, penting bagi pelaku UMKM untuk memastikan produk memiliki kualitas yang baik dengan harga yang kompetitif, terutama dalam penjualan grosir kepada perkantoran," tandas dia.  7

Komentar