nusabali

Arsenal Lepas Xhaka, Pertahankan Saliba

  • www.nusabali.com-arsenal-lepas-xhaka-pertahankan-saliba

LONDON, NusaBali - Klub Premier League Arsenal melepas Granit Xhaka pindah ke Bayer Leverkusen Jerman pada musim panas 2023 ini. Selain itu, The Gunners juga memutuskan memperpanjang kontrak William Saliba.

Pemain asal Swiss tersebut memutuskan cabut dari Arsenal, meski kontraknya tersisa setahun lagi. Xhaka ingin balik ke Jerman dan sepakat membela Leverkusen musim depan. 

Arsenal tak bisa menghalangi Xhaka pergi, meski dia pemain penting di skuad era Mikel Arteta. Namun dia mengambil keputusan mengejutkan pada musim panas 2023 ini.

Arsenal mau melepas Xhaka, karena hampir pasti mendapatkan Declan Rice dari West Ham United. Apalagi Arsenal akan mendapat pemasukan sebesar 25 juta euro dari transfer Xhaka ke Leverkusen. Apalagi Arsenal harus merogoh kantong hingga 100 juta pounds untuk Rice.

Usai melepas Xhaka, Arsenal bernafas lega karena William Saliba menyepakati kontrak baru untuk bertahan di Emirates Stadium. Sebab musim lalu Saliba jadi salah satu pemain terbaik Arsenal, dengan menunjukkan performa konsisten di jantung pertahanan dari awal hingga akhir musim nanti.

Namun Arsenal sempat ketar-ketir, karena Saliba belum mau meneken kontrak baru di London Utara. Padahal kontraknya akan habis pada 2024. Menurut laporan Fabrizio Romano, Arsenal berhasil meyakinkan Saliba untuk bertahan lebih lama di London Utara.

Sang bek dikabarkan mendapatkan kontrak yang cukup panjang. Ia meneken kontrak berdurasi empat tahun di Emirates Stadium. Dalam kontraknya, Saliba juga punya opsi untuk bertahan satu tahun lebih lama hingga tahun 2028.

Romano mengklaim proses kontrak baru Saliba ini sudah selesai.

Arsenal di musim panas ini menambah armada di lini pertahanan mereka, dengan mendatangkan Jurrien Timber dari Ajax Amsterdam. *

Komentar