nusabali

Bonus Atlet Peraih Medali di ASEAN Para Games 2023, Presiden Bagikan Rp 320 Miliar

  • www.nusabali.com-bonus-atlet-peraih-medali-di-asean-para-games-2023-presiden-bagikan-rp-320-miliar

Saya berpesan supaya manfaatkan bonus yang ada ini untuk terus berlatih demi memacu prestasi. Jangan belikan barang-barang mewah. Belikan barang-barang untuk investasi jangka panjang.

JAKARTA, NusaBali
Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus kepada atlet-atlet Indonesia yang sukses juara umum dalam ASEAN Para Games (APG) 2023, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/7). Total bonus mencapai Rp 320 miliar, yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan atlet, pelatih, dan asisten pelatih peraih medali di APG 2023.

Dalam acara penyerahan bonus tersebut hadir pula Menpora Dito Ariotedjo, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, dan CdM Indonesia untuk APG 2023 Andi Herman, serta sejumlah Menteri Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih dan memuji kerja keras kontingen Merah-Putih yang telah berjuang sekuat tenaga, sehingga mengantarkan Indonesia keluar sebagai juara umum APG 2023 di Phnom Penh, Kamboja pada 3-9 Juni 2023.

"Bangsa, negara dan rakyat sangat bangga dengan saudara-saudara sekalian yang telah berhasil meraih juara umum di ASEAN Para Games 2023. Prestasi ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut," kata Presiden Jokowi.

"Berkat kegigihan saudara-saudara sekalian, Indonesia berhasil membawa pulang raihan 158 medali emas, 148 perak, dan 95 perunggu. Ini capaian yang luar biasa!” puji Presiden Jokowi sambil mengangkat dua jempol tangannya.

Atas prestasi itu, pemerintah mengucurkan bonus senilai Rp 525 juta bagi peraih medali emas, Rp 315 juta untuk peraih medali perak, dan 157,5 juta rupiah bagi peraih medali perunggu. Total anggaran negara yang dibutuhkan untuk bonus tersebut lebih dari Rp 320 miliar.

"Saya berpesan supaya manfaatkan bonus yang ada ini untuk terus berlatih demi memacu prestasi. Jangan belikan barang-barang mewah. Belikan barang-barang untuk investasi jangka panjang," kata Presiden Jokowi.

NPC Indonesia mengirimkan total 268 atlet di APG 2023. Hasilnya sebanyak 126 atlet meraih medali emas, 91 atlet meraih medali perak, dan 20 atlet meraih medali perunggu. Rata-rata usia kontingen Indonesia yakni 26 tahun dan sebanyak 19 persen berusia di bawah 22 tahun. 

Sementara dalam kesempatan itu, Menpora Ario Bimo Nandito memberikan penghargaan dan apresiasi kepada mendiang atlet para-tenis meja Dian David Michael Jacobs.

Dito Ariotedjo menyerahkan penghargaan tersebut dan apresiasi berupa uang senilai Rp100 juta secara langsung kepada istri David Jacobs, Jeanny Inggrid Palar, disela acara 'Temu Para Juara' peraih medali ASEAN Para Games 2023 Kamboja di Halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin.

"Ini sedikit dari Kemenpora agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan apabila anak-anak dari mendiang David Jacobs akan menempuh pendidikan kami dari Kemenpora siap untuk membantu," kata Dito.

Sedangkan Jeanny mengucapkan terima kasih karena pemerintah terus memberikan perhatian kepada keluarga selepas David meninggal dunia pada 28 April 2023. Jeanny juga mengungkapkan pemerintah memberikan bantuan beasiswa untuk keempat anaknya hingga jenjang strata 1 (S1). 

David Jacobs meraih dua perunggu di Paralimpiade 2012 London dan Paralimpiade 2020 Tokyo untuk nomor perseorangan kelas 10. Dia juga meraih tiga emas pada Asian Para Games masing-masing pada tahun 2014 di Incheon (perseorangan kelas 10) dan tahun 2018 di Jakarta (perseorangan kelas 10 dan beregu kelas 10). ant

Komentar