nusabali

Beringin Timpa Palinggih Tunon

  • www.nusabali.com-beringin-timpa-palinggih-tunon

TABANAN, NusaBali - Hujan deras mengguyur selama tiga hari, Jumat (30/6) hingga Minggu (2/7),  membuat pohon beringin tumbang di Banjar Kuwum Ancak, Desa Kuwum, Kecamatan Marga, Senin (3/7). Akibatnya satu palinggih tunon (setra) di lokasi tersebut rusak karena tertimpa pohon. Selain itu pohon tersebut juga sempat menutup badan jalan.

Informasi yang dihimpun peristiwa pohon tumbang terjadi Senin pagi sekitar pukul 06.45 Wita. Saat itu Pemangku Pura Dalem Rangkan Jro Mangku Listia sudah melihat beringin yang berada di timur pura tumbang ke arah jalan menimpa palinggih tunon setra setempat. Dia pun langsung menginformasikan kepada perbekel. Selain menimpa palinggih, pohon juga menimpa kabel PLN di lokasi tersebut. 


Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Gusti Made Berata menjelaskan palinggih yang tertimpa pohon rusak keseluruhan. Penanganan pohon tumbang sudah dilakukan bersama BPBD Tabanan dan masyarakat setempat. "Evakuasi cepat berlangsung karena medan serta kondisi pohon yang tumbang tidak sulit," jelasnya.

Akibat kejadian tersebut kerugian ditaksir sekitar Rp 20 juta. Pohon yang tumbang sempat menimpa kabel PLN juga sudah diatensi dengan mendatangkan petugas PLN. 

Diharapkan, masyarakat dapat tetap waspada terhadap potensi bencana alam di sekitar mereka dan segera melaporkan kejadian serupa kepada pihak berwenang. Upaya pencegahan dan penanganan yang tanggap akan membantu melindungi keselamatan dan keamanan warga. 7des

Komentar