nusabali

PDIP Ungkap Sandiaga Masuk Daftar Evaluasi Cawapres Ganjar

  • www.nusabali.com-pdip-ungkap-sandiaga-masuk-daftar-evaluasi-cawapres-ganjar

JAKARTA, NusaBali - Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono menanggapi pertemuan antara bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dengan Menparekraf Sandiaga Uno di King Abdulaziz International Airport (KAIA), Jeddah, Arab Saudi. Nusyirwan menilai Sandiaga sudah mendapatkan chemistry dengan Ganjar.

“Tampaknya Pak Sandi bisa memahami, mengikuti chemistry Pak Ganjar, sebuah indikator yang dapat digunakan untuk menjadi pasangan pemimpin nasional,” kata Nusyirwan dikonfirmasi detikcom, Minggu (2/7/2023).

Nusyirwan merespons pernyataan Plt Ketum PPP Mardiono, yang berharap kedua tokoh ini bisa maju bareng di 2024. Menurut Nusyirwan, Sandiaga masuk radar calon wakil presiden yang tengah dievaluasi.

“Pak Sandi salah satu calon wapres yang masuk daftar dievaluasi,” tutur Nusyirwan.

Dia menanggapi peluang Ganjar dan Sandiaga maju di Pemilu 2024. Menurutnya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki pemikiran matang dalam menentukan cawapres.

“Ibu Megawati akan mempertimbangkan berbagai aspek, juga akan minta pendapat Pak Jokowi dan Pak Ganjar sebagai calon presiden,” sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut pertemuan kedua tokoh ini hal yang wajar lantaran sama-sama telah usai melaksanakan ibadah haji. PDIP, kata Said, menjalin silaturahmi dengan semua pihak.

“Mengejawantahkan hal inilah, Mas Ganjar dan PDI Perjuangan merasa perlu untuk menjahit silaturahmi dan menjadi jembatan kepentingan dengan banyak pihak,” ujar Said.

Dia menyinggung jalinan komunikasi antara tokoh PDIP dengan Anies Baswedan hingga Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Jika hal itu bisa terjadi, maka komunikasi dengan Sandiaga yang merupakan kader PPP dan mendukung Ganjar justru semakin terbuka.

“Dengan Mas Anies Baswedan dan Mas AHY saja kami bisa bersilaturahmi, apalagi dengan Mas Sandiaga yang notabene kini beliau sudah menjadi Pengurus DPP PPP, di mana PPP menyatakan telah bekerja sama politik dengan PDI Perjuangan. Kami ingin menjalankan sepenuhnya gotong royong dan kolaborasi dengan banyak pihak,” imbuhnya.

Sementara Plt Ketua Umum (Ketum) PPP Mardiono berharap pertemuan mereka itu menjadi sinyal yang berujung bacawapres PPP, Sandiaga, betul-betul bisa menjadi cawapres Ganjar di Pilpres 2024.

“Harapan saya sih begitu ya. Apalagi kalau pertemuan itu dilakukan di Tanah Suci, tentu di situ memiliki makna spiritual yang sangat tinggi,” kata Mardiono kepada wartawan di SUGBK, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2023). Mardiono menjawab pertanyaan apakah pertemuan itu merupakan sinyal kuat Sandiaga akan menjadi pendamping Ganjar.

Mardiono memandang pertemuan di Tanah Suci itu mengandung makna spiritual yang tinggi. Untuk itu, Mardiono berharap pencalonan keduanya dapat jadi harapan bagi rakyat.

“Sehingga apa yang diharapkan oleh PPP dalam mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai presiden dan mencalonkan Pak Sandiaga Salahuddin Uno sebagai wakil presiden itu bisa menjadi harapan bagi rakyat, sehingga nanti estafet kepemimpinan itu akan bisa berjalan dengan baik sebagaimana yang diidamkan oleh bangsa ini,” ungkapnya.

Mardiono mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan intens dengan PDIP. Khususnya, untuk menyusun agenda sosialisasi program Ganjar sebagai bacapres yang mereka usung. 7

Komentar