nusabali

Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra Pergi dengan Segudang Prestasi

  • www.nusabali.com-kapolda-bali-irjen-putu-jayan-danu-putra-pergi-dengan-segudang-prestasi

Yang paling mengesankan adalah saat di awal masa jabatannya sebagai Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan harus menghadapi kasus Covid-19 yang melanda dunia.

DENPASAR, NusaBali
Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra yang sudah mengabdi selama hampir 3 tahun akan segera menduduki jabatan baru sebagai Pati Baintelkam Polri. Jenderal asal Bali kelahiran Jakarta 20 November 1967 itu akan digantikan putra asal Tabanan, yakni Brigjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra yang saat ini menjabat sebagai Karoada B/J Slog Polri.

Meski harus meninggalkan Polda Bali, namun Irjen Putu Jayan akan pergi dengan kepala tegak. Dia pergi setelah meraih segudang prestasi selama menjabat sejak November 2020. Yang paling mengesankan adalah saat di awal masa jabatannya sebagai Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan harus menghadapi kasus Covid-19 yang melanda dunia. Polemik yang terjadi di masyarakat selama masa itu berhasil dikemas dengan baik sehingga tidak terjadi gangguang Kamtibmas.

Selama Pandemi Covid-19 Irjen Putu Jayan bekerja keras dengan seluruh personel jajaran Polda Bali dan bersinergi dengan Kodam IX/Udayana, dan Pemprov Bali. Akhirnya berhasil menangani Covid-19 dengan cepat dan bahkan dinilai terbaik.

Keberhasilan itu membuat Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) menganugerahkan piagam penghargaan Presisi Award kepada Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan atas kinerja Polda Bali yang dinilai sangat cepat dan tanggap dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Selain mendapat anugerah penghargaan dari LEMKAPI juga banyak apresiasi dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni dan lainnya terkait penanganan Covid-19. Kita ketahui bersama selama Covid-19 ganas banyak sekali polemik terjadi. Itu semu bisa diatasi dengan baik," ungkap Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto dikonfirmasi, Kamis (29/6).

Selain itu di bawah kepemimpinan Irjen Putu Jaya, Polda Bali juga berhasil meraih peringkat Polda Terbaik se-Indonesia dalam penganugerahan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Awards Tahun 2022, sebagai Kapolda Terbaik versi Kompolnas Awards 2022 dari Ketua Kompolnas / Menkopolhukam Mahfud MD.

Pada bulan dan tahun yang sama juga dua menerima penghargaan Anugerah Penyiaran Bali (APB) 2022 untuk kategori Tokoh Pemimpin Inovatif dalam memberikan informasi atau penyiaran terkait keamanan di Provinsi Bali.

Irjen Putu Jayan juga berhasil mengungkap berbagai kasus diantaranya, penangkapan buronan Interpol, judi online, kasus perdagangan orang, narkoba dan WNA yang membuat masalah di Bali, hingga pengungkapan kasus praktek aborsi ilegal yang dilakukan oleh seorang berinisial KAW (53) beberapa waktu lalu dan kasus lain yang berhubungan dengan anak.

Atas prestasinya itu Komisi Nasional Perlindungan Anak atau Komnas PA memberikan Polda Bali penghargaan, yang diserahkan langsung Ketua Komnas PA Aris Merdeka Sirait 29 Mei 2023 lalu.

Dibawah komando Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra Polda Bali berhasil mengamankan berbagai Konfrensi Tingkat Tinggi bertaraf Internasional yang berlangsung di Bali diantaranya, mengamankan pelaksanaan KTT G20 tahun 2022 lalu. Keberhasilan itu membuat jajaran Polda Bali mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari seluruh negara peserta dan berbagai pihak, diantaranya adalah Dewan Pers.

"Masih banyak lagi prestasi yang berhasil yang diraih sejak memimpin Polda Bali. Hingga tanggal 21 juni 2023 Polda Bali berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Kompolnas yaitu Nominasi 5 Besar Terbaik Polda Tipe A Kompolnas Award 2023," beber Kombes Satake Bayu. 7 pol

Komentar