nusabali

15 Siswa SMPN Bersiap Ke OSN Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-15-siswa-smpn-bersiap-ke-osn-provinsi-bali

AMLAPURA, NusaBali - 15 siswa SMP se-Karangasem yang lolos dalam seleksi tingkat kabupaten sebelumnya, kini siap mengikuti OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Provinsi Bali, di SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman, 26-27 Juni. OSN dilakukan secara online.

"15 siswa SMP ikut OSN Provinsi Bali yang terpusat di SMPN 2 Amlapura, secara online," jelas Kepala Bidang SD dan SMP Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana, seizin Kadisdikpora I Wayan Sutrisna, di ruang kerjanya, Jalan Veteran Amlapura, Minggu (25/6).

Sesuai jadwal, OSN untuk mata pelajaran IPA dan Matematika Senin (26/6), sedangkan jadwal mata pelajaran IPS, Selasa (27/6). Secara teknis, kata dia, tidak ada kendala untuk OSN Tingkat Provinsi Bali. Dia berharap peserta mencapai hasil optimal, dalam upaya memperebutkan tiket ke OSN Tingkat Nasional, 27 Agustus - 2 September 2023.

Selama ini seluruh siswa, lanjut Bagus Jaya Arsana, telah mengikuti pembinaan dengan membahas soal-soal OSN. Pembinaan juga untuk mengevaluasi kekurangan sebelumnya. Sebab, soal di OSN sangat berbeda dengan soal ujian sekolah, tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Kasek SMPN 2 Selat I Komang Arta memaparkan, selama ini telah intensif membina 4 siswa yang lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali. Dua dari empat siswanya meraih gelar juara OSN Tingkat Kabupaten, masing-masing, I Gusti Agung Arya Aditya Prawira Putra mata pelajaran IPS dan I Gusti Agung Bayu Narendra Putra mata pelajaran Matematika. Dua siswa lainnya yang lolos, Ni Komang Ari Satvika Devi peringkat IV IPA, dan Ni Ketut Ari Satwika Dewi mata pelajaran IPS. "Kami terus melakukan pembinaan, banyak guru yang membina, agar kemampuan siswa lebih optimal," jelas Kasek I Komang Arta.

Salah satu pembina SMPN 2 Selat, khusus mata pelajaran IPS, Ni Luh Caniari mengaku telah kontinyu membina siswanya yang ikut OSN. "Ya, saya membina siswa mata pelajaran IPS, karena ada siswa yang lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali," jelas Ni Luh Caniari.

Kata Caniari, siswa binaannya atas nama I Gusti Agung Arya Aditya Prawira Putra, sebagai juara OSN Tingkat Kabupaten Karangasem. Secara psikologis, siswa lebih percaya diri karena berlomba bermodal sebagai juara.

Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan juga mengaku telah optimal melakukan persiapan, yang telah meloloskan tujuh siswa ke OSN Tingkat Provinsi Bali. "Persiapan sudah optimal, mudah-mudahan hasilnya memuaskan," jelas Kadek Wirawan.

Dari tujuh siswa itu, tercatat SMPN 2 Amlapura, di mata pelajaran IPA, yang mendominasi sebagai juara I, juara II dan juara III masing-masing, Yashodara Aristari Vedayanti kelas VIII/1, I Gusti Agung Ayu Putri Sagita Riadnyani kelas VIII/8 dan Ni Wayan Ariantari kelas VIII/4, serta peringkat kelima AA Vasu Laksmi Gunadewi kelas VIII/1.

Juga meloloskan di mata pelajaran IPS atas nama I Komang Pendy Prayoga peringkat II dan I Gusti Ngurah Wahyu Pratama Wijaya kelas VIII/5 peringkat IV, serta satu siswa juga lolos di mata pelajaran Matematika atas nama Ni Kadek Naomi Zeeloita Artono kelas VIII/11 peringkat II.

Selebihnya, SMPN 1 Sidemen meloloskan 2 siswa, SMPN 1 Amlapura dan SMPN 4 Abang sebanyak 1 siswa. *k16

Komentar