nusabali

KMP Kandas, 137 Penumpang Selamat

  • www.nusabali.com-kmp-kandas-137-penumpang-selamat

AMLAPURA, NusaBali - KMP Rodhita kandas 200 meter dari Dermaga I Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (20/6). Kapal ini kandas karena air surut dan bagian bawah kapal diduga sempat membentur batu karang.

Proses evakuasi kapal ini menggunakan Tugboat Transcodara, milik PT Pertamina TBBM (Terminal Bahan Bakar Minyak) Manggis Bali, Selasa  (21/6) pukul 23.00 Wita. Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai Sentot Ismudyanto Kuncoro memaparkan, KMP Rodhita berangkat dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, pukul 14.00 Wita. Kapal tiba di perairan Desa Padangbai, atau 200 meter dari Dermaga I Pelabuhan Padangbai, kandas pukul 18.00 Wita. Sedangkan dirinya dapat laporan pukul 18.50 Wita.

Sentot langsung berkoordinasi dengan PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai, Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, BPBD Karangasem, Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Koramil Manggis, dan petugas di Pelabuhan Padangbai.

Mulanya, petugas gabungan mengerahkan 4 rubber boat untuk mengevakuasi penumpang di lokasi kapal kandas. Ternyata, secara teknis tidak memungkinkan karena posisi penumpang cukup tinggi, sedangkan ramdor tidak bisa terbuka.

Di samping itu, badan kapal goyang. Kondisi ini berdasarkan analisa Kantor KSOP, sangat membahayakan penumpang.


Sentot pun berkoordinasi dengan petugas PT Pertamina TBBM Manggis untuk pinjam Tugboat Transcodara, dengan keperluan menarik kapal tersebut. Tugboat datang, dengan memasang tali kapal pukul 21.40 Wita. Sedangkan Tugboat Transcodara menarik KMP Rodhita, pukul 22.00 Wita. Hanya saja tidak serta merta Tugboat Transcodara mengarahkan kapal itu ke dermaga, mesti menarik ke tengah laut sekitar 500 meter dari dermaga, tujuannya untuk mencari haluannya yang tepat.

Hingga KMP Rodhita benar-benar nyandar di Dermaga I, pukul 23.00 Wita, maka kapal ini membawa penumpang selama 9 jam, dari pukul 14.00 Wita hingga pukul 23.00 Wita. Evakuasi selama 2 jam, 20 menit, pukul 21.40 Wita - 23.00 Wita. Petugas pelabuhan kemudian mengarahkan seluruh penumpang pejalan kaki masuk ruang tunggu untuk istirahat. Setelah penumpang mendapatkan makan dan minum, dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Sedangkan penumpang kendaraan langsung melanjutkan perjalanan. KMP Rodhita berpenumpang bus Titian Mas dengan 39 penumpang, bus Tiara Mas dengan 35 penumpang, penumpang pejalan kaki 14 orang, kendaraan kecil sebanyak 4 unit, truk menengah sebanyak 2 unit, tronton sebanyak 4 unit, truk sedang sebanyak 1 unit, truk besar sebanyak 2 unit, total penumpang pejalan kaki, dan di dalam kendaraan, 137 orang.

KMP Rodhita dengan nakhoda Arif Akbar, 16 ABK (anak buah kapal), dengan bobot 1.236 gross tonnage, kapasitas 241 penumpang. “Nanti saya periksa nakhoda, untuk mengetahui penyebab kapal itu kandas,” jelas Sentot.

Salah satu penumpang I Dewa Komang Mertayuda mengaku berangkat dari Pelabuhan Lembar pukul 14.00 Wita, selama berlayar cuaca tenang dan lancar. “Hanya bermasalah saat kapal itu kandas,” katanya.

Kepala Pelayanan Satuan Pelabuhan Padangbai Kelas II Bali I Nyoman Sastrawan mengatakan, adanya kapal kandas menyebabkan keberangkatan kapal terhambat sekitar dua jam.7k16

Komentar