nusabali

Diikuti 50 Relawan, 'Kejar Mimpi Bali' Sukses Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai

  • www.nusabali.com-diikuti-50-relawan-kejar-mimpi-bali-sukses-gelar-aksi-bersih-bersih-pantai
  • www.nusabali.com-diikuti-50-relawan-kejar-mimpi-bali-sukses-gelar-aksi-bersih-bersih-pantai

TABANAN, NusaBali.com – Sebanyak 50 relawan mengikuti aksi bersih-bersih pantai atau Beach Clean Up di Pantai Nyanyi, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali pada Minggu (11/6/2023).

Gelaran yang diinisiasi oleh Komunitas Kejar Mimpi Bali by CIMB Niaga tersebut bertajuk ‘CLBK-Day Cinta Lingkungan Bareng Komunitas (CLBK-Day)’ dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2023.

Ketua Panitia, Felicia Amalia Rajagukguk menerangkan, selain mengajak 50 orang relawan, pihaknya juga turut menggandeng Organisasi Plastic Bank Indonesia yang merupakan salah satu organisasi sosial yang bertujuan menciptakan ekosistem daur ulang di wilayah pesisir dan mendaur ulang bahan-bahan tersebut untuk digunakan kembali di dalam rantai pasokan manufaktur global.

“Dalam kegiatan Beach Clean Up ini, para peserta mengumpulkan sampah plastik berdasarkan kategorinya, untuk kemudian dikelola sesuai dengan jenisnya,” terang Felicia.

Lebih lanjut ia jelaskan, kegiatan bersih pantai tersebut juga dilengkapi dengan kegiatan audit sampah yang dikumpulkan selama proses bersih pantai.

Terkhusus sampah anorganik yang kondisinya sudah sulit diolah bersama sampah organik lainnya, diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). Pengangkutan sampahnya pun dilakukan dengan menggunakan truk sampah milik Plastic Bank Indonesia.

Felicia berharap dengan digelarnya kegiatan tersebut nantinya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan kawasan wisata serta melakukan perubahan dalam mewujudkan tindakan untuk bumi yang bersih dan sehat.

“Saya berharap melalui kegiatan CLBK-Day oleh Komunitas Kejar Mimpi Bali by CIMB Niaga ini dapat meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat tentang dampak tidak terkelolanya sampah dengan baik demi menyongsong harapan bersama,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu volunteer, Hendra mengungkapkan dirinya sangat antusias dalam gelaran Beach Clean Up ini. Ia pun juga mengaku, partisipasinya dalam membersihkan sampai di pantai akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

"Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari Beach Clean Up ini. Rasanya sangat memuaskan melihat pantai yang bersih setelah usaha bersama kami. Ini adalah pengalaman yang menginspirasi saya untuk lebih peduli dan berkontribusi dalam menjaga lingkungan," ungkap Hendra.

Sebagai informasi tambahan, Felicia mengungkapkan Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari Gerakan sosial #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skill kepemimpinan dan volunteering.

Gerakan sosial #KejarMimpi tersebut, dikatakannya memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia. Bahkan, sampai saat ini Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 800 anggota aktif.

“Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.000 kegiatan sosial serta menginspirasi lebih dari 147.000 orang dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu pendidikan, lingkungan, filantropi dan pembangunan ekonomi sosial,” pungkas Felicia. *ris

Komentar