nusabali

Perumda Siagakan 45 Tenaga Lapangan, Perbaiki Pipa di Proyek Drainase dan Trotoar

  • www.nusabali.com-perumda-siagakan-45-tenaga-lapangan-perbaiki-pipa-di-proyek-drainase-dan-trotoar

BANGLI, NusaBali - Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli menyiagakan 45 tenaga lapangan. Tenaga ini bertugas memperbaiki pipa yang terdampak akibat proyek rehabilitasi drainase dan trotoar di Kota Bangli.

Tenaga tersebut stand by selama kegiatan tersebut. Hal tersebut diungkapkan Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli Dewa Gede Ratno Suparso Mesi, Minggu (18/6).

Dewa Ratno Suparso Mesi atau yang akrab disapa Dewa Rono ini, mengatakan rehabilitasi drainase dan trotoar akan berlangsung selama enam bulan. Maka selama proses tersebut berlangsung, pihaknya tetap menyiagakan petugas lapangan. Seperti diketahui jaringan perpipaan berada di bawah drainase tersebut. "Saat ini sudah proses pengerukan, tenaga kami juga sudah siaga di lokasi. Ketika ada pipa yang terkena saat pengerukan maka bisa langsung ditangani," sebutnya.

45 tenaga tersebut dibagi dalam beberapa tim. Menurut Dewa Rono, setiap harinya ada pengaduan dari masyarakat sehingga pengaduan harus dilayani dengan sistem shift. "Mereka ditugaskan dengan sistem shift, selain stand by di proyek rehabilitasi drainase dan trotoar. Tenaga kami ini juga harus melayani kebutuhan pelanggan lainnya," ujar Dewa Rono didampingi Kabag Teknik Perumda Tirta Danu Arta, Ida Bagus Prenawa dan Kabag Umum dan Keuangan, Gusti Agung Sutha Baskara.

Lebih lanjut, selain menyiapkan tenaga, pihaknya juga melakukan  persiapan material seperti pipa dan aksesoris lainnya. Dewa Rono mengaku cukup khawatir terhadap akar pohon yang melilit pipa. Jika akar ditarik sudah barang tentu pipa ikut tertarik dan putus. "Melihat kondisi di lapangan akar pohon sudah menjalar," sebutnya.

Terkait pergantian pipa secara keseluruhan, Dewa Rono mengatakan akan dilakukan terhadap pipa distribusi yang sudah berumur. Dia mengaku sudah dipandang perlu untuk dilakukan peremajaan. Namun demikian melihat kondisi keuangan, perusahaan belum bisa dilakukan penggantian dalam waktu dekat. Perhitungan dan perencana diperlukan anggaran belasan miliar. "Kami berupaya maksimal untuk bisa meningkatkan layanan sehingga bisa memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat," imbuhnya.7esa

Komentar