nusabali

Sekda Adi Arnawa Hadiri Pujawali Pura Dalem Tunon Abiansemal

  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-pujawali-pura-dalem-tunon-abiansemal

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri sekaligus melaksanakan persembahyangan bersama serangkaian Pujawali Pura Dalem Tunon di Banjar Gunung, Desa/Kecamatan Abiansemal pada Wraspati Paing Kulantir, Kamis (15/6).

Dalam kesempatan tersebut, Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana hibah Pemkab Badung tahun 2023 secara simbolis senilai Rp 8,1 miliar.

Adapun dana hibah tersebut diberikan antara lain untuk Pura Dalem Tunon sebesar Rp 1,9 miliar, Banjar Adat Gunung Rp 1,8 miliar, Pura Tengah Segara Rp 1,5 miliar, Pura Dalem Merta Rp 1,3 miliar, dan Pura Gunung Sari Rp 1,6 miliar. Turut hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Badung Made Ponda Wirawan, Perbekel Desa Abiansemal Ida Bagus Bisma, Prajuru Banjar Adat Gunung serta tokoh masyarakat setempat.

Adi Arnawa dalam sambrama wacananya mengatakan pemerintah Kabupaten Badung melalui kepemimpinan Bupati Badung berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat, dalam hal ini untuk meringankan beban masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Badung. Dikatakan, besarnya bantuan hibah yang diberikan pemerintah Kabupaten Badung di Banjar Gunung ini merupakan bukti bahwa pemerintah sangat sayang kepada semua masyarakat. “Pemerintah akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban dalam melaksanakan segala upacara keagamaan dan pembangunan atau penataan Pura, Wantilan, Balai Banjar serta kebutuhan masyarakat lainnya,” ujarnya.


“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Badung hadir di tengah-tengah masyarakat untuk ikut mendoakan, sekaligus sebagai upasaksi dalam pelaksanaan upacara pujawali di Pura Dalem Tunon, agar bisa berjalan dengan labda karya sida sidaning don,” imbuh Adi Arnawa.

Birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini pun berharap dengan terlaksananya pujawali tersebut masyarakat senantiasa diberikan keselamatan dan kerahayuan. “Untuk itu kami mengajak masyarakat agar selalu bersatu mendoakan agar pariwisata semakin berkembang, sehingga nantinya dapat mewujudkan segala kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Panitia Karya yang juga selaku Kelian Adat Banjar Gunung I Nyoman Oka, mengatakan atas nama krama pengempon Pura Dalem Tunon menyampaikan terima kasih atas dukungan dan doa serta bantuan dari Bupati Badung yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekda Badung, sehingga karya pujawali di Pura Dalem Tunon dapat berjalan dengan labda karya sida sidaning don. “Pujawali di Pura Dalem Tunon ini dilaksanakan selama tiga hari dan puncak pujawali dilaksanakan pada Sabtu mendatang (Saniscara Wage Kulantir),” ujarnya. @ ind

Komentar