nusabali

Bupati Suwirta Buka KMD di SMPN 1 Banjarangkan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-kmd-di-smpn-1-banjarangkan
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-kmd-di-smpn-1-banjarangkan

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Penggalang Kwarcab Klungkung Kwaran Banjarangkan di SMPN 1 Banjarangkan, Kamis (15/6).

Bupati Suwirta mengatakan, pendidikan Pramuka dalam kurikulum pendidikan dasar sangatlah penting. Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter siswa yang dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian.

Menurut Bupati Suwirta, apa yang telah dilakukan para pendahulu pendiri Pramuka pasti bisa dilaksanakan dan diterapkan di era sekarang. Pembentukan kader pembina sangat penting dan dibutuhkan sekolah dalam mencetak generasi muda yang berkarakter dan berbudi pekerti. Hal ini harus dilakukan secara konsisten dan yang paling utama dengan niat yang tulus. “Sehingga nantinya bisa terbentuk generasi muda dan calon pemimpin yang berkarakter,” ujar Bupati Suwirta.


Kasek SMPN 1 Banjarangkan, I Nengah Suradnya, selaku Ketua Panitia dan Pinsus (Pemimpin Kursus) mengatakan KMD diikuti sebanyak 49 guru dari jenjang SD, SMP, dan SMA Kwarcab Klungkung. Kegiatan dari 14 Juni sampai 19 Juni 2023. “Materi yang diberikan yakni prinsip dasar kepramukaan, metode kepramukaan, dan kiasan dasar, ragam ketrampilan kepramukaan,” ujar Suradnya. 

KMD Pembina Siaga Penggalang dilatar belakangi minimnya pembinaan di satuan pendidikan. Memiliki tujuan dan peran sangat penting dalam pengembangan karakter, bakat, dan potensi peserta didik. 7 wan

Komentar