nusabali

SMAN 3 Amlapura Gelar Lomba Literasi

  • www.nusabali.com-sman-3-amlapura-gelar-lomba-literasi

AMLAPURA, NusaBali - SMAN 3 Amlapura, Karangasem, menggelar beragam lomba literasi dengan melibatkan seluruh siswa. Lomba diadakan di sekolah, Banjar Delod Sema, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, Selasa (13/6).

Ketua Panitia I Gede Esa Adi Darma Yoga mengatakan lomba ini bertujuan mengasah kemampuan siswa dan mengisi waktu liburan sekolah usai kenaikan kelas. Jenis lomba yakni pojok baca, pojok literasi, pohon literasi, menggambar, karaoke, futsal, balon berpasangan, karet estafet, dan panco.

Kasek SMAN 3 Amlapura Wayan Sugiana memaparkan, pendidikan literasi mesti terus dioptimalkan di kalangan siswa di berbagai kesempatan agar terbiasa membaca. Karena salah satunya, ilmu pengetahuan bersumber dari membaca. Pentingnya membangun pojok baca, katanya, untuk memotivasi siswa  agar gemar membaca, terbiasa membaca, sehingga mampu mengembangkan daya pikir siswa.

Lanjut dia, hanya dengan memanfaatkan sudut ruang kelas, sebagai tempat koleksi buku yang berasal dari perpustakaan. Pentingnya ada pojok baca, untuk membantu perpustakaan dan mendekatkan siswa untuk membaca. Sehingga jika siswa mau membaca tidak mesti datang ke perpustakaan sekolah. "Pojok baca gunanya mendekatkan buku kepada siswa. Tentu saja koleksi buku mesti berganti-ganti agar siswa tidak jenuh. Sejauh mana kreativitasnya membaca, di pojok baca, kami lombakan," jelas mantan Kasek SMAN 1 Amlapura dan SMAN 2 Amlapura, tersebut.


Kata dia, pojok literasi bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, lanjut pembentukan karakter siswa. "Kami selama ini berupaya mengoptimalkan bakat siswa, dan memberikan wadah untuk berkreativitas. Itu juga merupakan bagian dari pendidikan literasi. Siswa dituntun rajin membaca, ada ketentuan 15 menit sebelum memulai pembelajaran wajib membaca buku," katanya.

Kali ini, lanjut Sugiana, sekolah mengevaluasi dengan cara melombakan kegiatan literasi di sekolah. Siswa antusias ambil bagian dalam setiap lomba itu. Tiap kelas ambil bagian di semua nomor lomba. Bagi yang paling banyak meraih gelar juara berhak atas juara umum, memperebutkan Piala Bergilir Kepala Sekolah SMAN 3 Amlapura.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Ketua Komite Sekolah I Wayan Puspa Sedana, Waka Kesiswaan Juli Arsana, Ketua Panitia I Gede Esa Adi Darma Yoga, Wakil Ketua I Gede Bayu Elang Seraya, Sekretaris Ni Kadek Novi, Bendahara Ni Kadek Lisnia Violita. Setiap nomor lomba, melibatkan 6 juri.7k16

Komentar