nusabali

Waspada, Ada 1.750 Kasus Gigitan HPR

  • www.nusabali.com-waspada-ada-1750-kasus-gigitan-hpr

Jumlah kasus gigitan HPR di Tabanan pada 2023 lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun 2022 yang ‘hanya’ 1.112 gigitan.

TABANAN, NusaBali - Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan mencatat sepanjang Januari-Juni 2023 terjadi 1.750 kasus gigitan hewan penular rabies (HPR). Dari jumlah itu, 11 kasus gigitan diketahui positif rabies. 

Koordinator Ahli Muda Pengendalian Penyakit Menular Gede Ngurah Upadana mengatakan kasus gigitan terhadap HPR lebih banyak terjadi di Kecamatan Pupuan. "Dari data dominan kasus gigitan ini dominan disebabkan oleh anjing," jelas Upadana,  Rabu (14/6). 

Disebutkan dengan tingginya kasus gigitan di tahun 2023 Dinas Kesehatan juga sudah melakukan sosialiasi kepada masyarakat terkait penanganan apabila digigit oleh HPR. "Saat ini untuk stok vaksin masih cukup ada 4.000 dosis," katanya. 

Menurut Upadana, dalam upaya penanggulangan rabies yang paling terdepan adalah peternakan, karena penularnya adalah anjing. Dalam artian jika vaksin pada anjing bisa 100 persen maka kejadian rabies bisa ditekan. "Kami Dinas Kesehatan juga sudah melakukan koordinasi dengan bidang peternakan di Dinas Pertanian, terkait dengan penanganan rabies," katanya. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr I Ketut Nariana menjelaskan, sejatinya masa observasi setelah terjadi kasus gigitan adalah dua minggu, untuk selanjutnya tindakan apakah perlu VAR atau tidak.  Namun jika bagian yang digigit dekat dengan otak, maka harus segera melapor ke Puskesmas/rumah sakit terdekat untuk mendapatkan Vaksin Anti Rabies (VAR).

“Jadi jangan panik tetapi tetap waspada, artinya jika digigit anjing khususnya hewan peliharaan bukan anjing liar dan digigit di bagian yang jauh dari otak, lakukan pertolongan pertama untuk penanganannya,” ujar Nariana.

Ia mengatakan jika tidak harus buru-buru dapat VAR, namun tetap konsultasi dengan petugas kesehatan. “Jika dalam waktu dua minggu terjadi perubahan karakter dan emosional pada anjing yang menggigit segera laporkan ke dinas nanti akan diperiksa, dan lakukan VAR,” ujar Upadana.
Sebaliknya jika seandainya tidak ada perubahan pada anjing dan sehat saja, berarti masih aman,” tambah Nariana. 7des

Pertolongan Pertama Gigitan HPR 
- Cuci bekas gigitan hewan (anjing) dengan sabun di bawah air mengalir selama 10-15 menit.
- Beri obat antiseptik pada luka gigitan.
- Hubungi Puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan selanjutnya. 

Komentar