nusabali

Putri Koster Apresiasi Kerajinan Sisik Ikan Buleleng

  • www.nusabali.com-putri-koster-apresiasi-kerajinan-sisik-ikan-buleleng

DENPASAR, NusaBali - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Suastini Koster meninjau Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM Kabupaten Buleleng yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Singaraja, Selasa (13/6).

Pada kesempatan tersebut Putri Koster memberi apresiasi batik karya siswa SMK Negeri 1 Sukasada dan kerajinan berbahan sisik ikan buatan perajin Nyoman Adi Arnaya. 

“Ini karya luar biasa dan sangat potensial untuk dikembangkan. Segera urus hak cipta dan buat motif serta desain yang mencerminkan ciri khas Buleleng,” ujarnya mengomentari kain batik karya siswa SMKN 1 Sukasada. Jika terus dilatih, dia yakin para siswa akan mampu menghasilkan karya yang lebih berkualitas dan suatu ketika Buleleng akan dikenal dengan karya batik.
 
Selain batik, perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Provinsi Bali ini juga tertarik dengan produk kerajinan berbahan sirip ikan. “Kalau jenis kulit yang lain sudah biasa, ini sangat unik karena berbahan sisik ikan. Sempurnakan teknik pewarnaan dan pengawetannya. Ciptakan brand sendiri, jangan biarkan diambil pengusaha,” tandasnya. 

Namun, belum banyak produk yang bisa ditampilkan karena perajin sisik ikan baru berupaya bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, Ketua Dekranasda Bali berpesan agar pelaku UMKM mempersiapkan produknya secara matang sebelum ditawarkan ke pasar. 

“Persiapkan produk sebaik mungkin dan ketika dilepas harus yakin bisa memenuhi kebutuhan pasar,” pesannya. 


Pada kesempatan tatap muka dengan pelaku UMKM PLUT Kabupaten Buleleng, Putri Koster menyemangati para perajin. Dia mengibaratkan UMKM sebagai pelita di tengah kegelapan. Di tengah situasi pandemi, UMKM mampu tetap bertahan dan menjadi pelita kecil di dalam kegelapan. 

Hal itu pula yang memotivasi Putri Koster memfasilitasi pelaku UMKM menggelar pameran bertajuk IKM Bali Bangkit yang masih berlangsung hingga saat ini. “Bapak Gubernur mendukung dengan memberi tempat di Taman Budaya (di Denpasar) dan kami bergerak sehingga bisa bertahan,” tuturnya. 

Terbukti mampu bertahan di tengah situasi pandemi, dia mengajak seluruh komponen untuk merawat dan memperkuat keberadaan UMKM. “Kita perlu melakukan upaya penguatan dari hulu hingga hilir sehingga keberadaan UMKM mampu memberikan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana yang mendampingi Putri Koster menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ketua Dekranasda Bali. Dia bertekad menjadikan Buleleng sebagai kabupaten yang terdepan dalam kemajuan UMKM. 

“PLUT akan kami jadikan sebagai rumah besar bagi koperasi dan UMKM Buleleng. Semua tersedia di sini dan kita bisa lihat gambaran UMKM di Buleleng,” kata Lihadnyana, sembari menambahkan bahwa PLUT Buleleng juga dilengkapi ruang inkubasi terlengkap di Bali. 7 cr78 

Komentar