nusabali

Dinas PMD Optimalkan Pembinaan BUMDes

  • www.nusabali.com-dinas-pmd-optimalkan-pembinaan-bumdes

BANGLI, NusaBali - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Bangli mengoptimalkan pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pembinaan terutama terkait tata kelola keuangan dan administrasi lain.

Kepala Dinas PMDPPKB Bangli Dewa Agung Putu Purnama mengatakan, di Bangli saat ini ada 68 BUMDes dan 4 BUMDes bersama di kecamatan. Beberapa usaha BUMDes, yakni usaha simpan pinjam, pariwisata, perdagangan, air bersih, pertashop, dan lain-lainnya. "Bidang usaha paling banyak di BUMDes itu, simpan pinjam," ungkapnya Minggu (11/6).

Kata Agung Purnama, kondisi BUMDes di Bangli beragam. Ada beberapa BUMDes yang tata kelola administrasinya belum optimal. Pihaknya  membuat program pembinaan dengan menggandeng pihak perguruan tinggi di Bali. Pembinaan berupa bimtek. "Kami sedang berjuang membangkitkan dan menata administrasi BUMDes. Banyak BUMDes yang tertib dengan pendapatan bagus," kata Agung Purnama.

Lebih lanjut, pembinaan sudah dilaksana sejak tahun lalu. Pembinaan akan berkelanjutan. Pengawasan BUMDes dilakukan oleh tokoh-tokoh desa. Ditambahkan, BUMDes wajib berbadan hukum, namun masih ada yang belum berbadan hukum. Pihaknya mendorong BUMDes untuk meraih badan hukum. "Saat ini masih ada 25 BUMDes yang sedang memproses badan hukum. Mudah-mudahan segera rampung," imbuhnya. 7esa

Komentar