nusabali

Dinas PUPR Perbaiki Drainase Kota Bangli

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-perbaiki-drainase-kota-bangli

Perbaikan drainase dan trotoar menyasar ruas Jalan Merdeka, Nusantara, Kusumayuda, dan Airlangga. 

BANGLI, NusaBali
Dinas PUPR Perkim Bangli akan memperbaiki drainase dan trotoar di kawasan Kota Bangli. Proyek ini segera  akan dikerjakan dan dinas ini telah menyosialisasikan kepada masyarakat.

Untuk penggarapan proyek tersebut, Pemprov Bali mengalokasikan anggaran Rp 36 miliar dan Rp 2 miliar anggaran dari Pemkab Bangli. Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto mengatakan kegiatan rehabilitasi saluran drainase dan trotoar itu ada di ruas jalan provinsi. Kegiatan ini selain bertujuan mempercantik wajak kota juga sekaligus mengatasi masalah banjir yang kerap terjadi di beberapa ruas jalan kota Bangli. Kegiatan tersebut sudah tender dan telah ada pemenangnya. "Sudah ada pemenang untuk tender kegiatan ini, sudah ada sosialisasi,” jelasnya, Minggu (11/6).

Menurut Lega Suprapto, perbaikan drainase dan trotoar menyasar ruas Jalan Merdeka, Nusantara, Kusumayuda, dan Airlangga. Jalan tersebut berada di wilayah Kelurahan Kawan dan Kelurahan Cempaga, Bangli.

Untuk di Jalan Nusantara, rehabilitasi  mulai dari depan Bale Banjar Brahmana Bukit ke selatan sampai Perempatan Catus Pata. Sedangkan ruas jalan Kusumayuda dari perempatan Catus Pata ke barat hingga jembatan tukad Sangsang. Kemudian ruas jalan Merdeka dari perempatan Catus Pata keselatan hingga depan Pura Dalem Penunggekan dan  jalan Airlangga dari lampu merah banjar Gunaksa ke timur sampai  SPBU Sidembunut. "Pemprov alokasikan anggaran Rp 36 miliar untuk pelaksanaan kegiatan ini," ujarnya.

Lanjutnya, untuk kelancaran kegiatan  telah dilakukan sosialisasi dengan mengundang pihak terkait. Di antaranya, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Telkom, Perumda Air Minum Tirta Danu Arta. Yang mana di jalur tersebut terdapat sambungan/jaringan perpipaan PDAM. Kemudian pohon perindang, lampu penerangan jalan.

Tidak hanya pemprov, Pemkab Bangli telah mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar  untuk rehabilitasi saluran drainase.  Dalam rehabilitasi ini akan dibuat beberapa sodetan untuk mengantisipasi meluapnya air ke badan jalan ketika hujan.

Kabid asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini mencontohkan, sodetan yang dibuat ada di Jalan Airlangga, tepatnya di belakang Bale Banjar Gunaksa, Kelurahan Cempaga, Bangli. Di belakang bale banjar nantinya akan dibuat saluran drainase ke selatan hingga  SMPN 1 Bangli, begitu juga di jalan Majapahit rehabilitasi drainase dilakukan dari depan Bank BPD  ke timur hingga  sungai dekat pura Dalem Cungkub, Banjar Griya, Kelurahan Kawan. "Kegiatan provinsi dan kabupaten dirancang bisa berjalan bersamaan, sehingga secara teknis bisa nyambung," sebutnya.7esa

Komentar