nusabali

75 Siswa SD Ikuti Lomba Mapel

  • www.nusabali.com-75-siswa-sd-ikuti-lomba-mapel

AMLAPURA, NusaBali - 75 siswa SD mengikuti Lomba Mata Pelajaran tingkat SD se-Kecamatan Abang, Karangasem. Lomba ini serangkaian peringatan HUT ke-44 SMPN 1 Abang.

Hasilnya, juara lomba hampir terbagi rata atau tidak ada satu SD yang mendominasi. Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra memaparkan hal itu usai membagikan trofi, piagam dan hadiah berupa uang pembinaan, kepada para pemenang di SMPN 1 Abang, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (9/6).

Pemenang lomba mata pelajaran IPA, Ni Kadek Feby Gustini Andriani dari SDN 1 Labasari, juara II Ni Kadek Desi Septiani dari SDN 1 Nawakerti, dan juara III I Gede Ngurah Adiyatmika dari SDN 1 Abang.

Sedangkan pemenang mata pelajaran IPS, juara I Ni Putu Kesya Mika Anjani dari SDN 1 Culik, juara II Ni Putu Biyanca Sumania Putri dari SDN 1 Nawakerti, dan juara III Ni Ketut Friska Diana dari SDN 1 Culik.

Pemenang lomba Matematika, juara I I Komang Manik Trisna Dhana dari SDN 7 Ababi, juara II I Komang Marnata Wijaya dari SDN 4 Ababi, dan juara III I Made Gangga Tangkas Gapara dari SDN 1 Abang.


"Secara kualitas ada peningkatan, terutama dari skor yang mereka dapatkan," jelas I Gusti Bagus Putra, yang kemarin turut mendampingi Ketua Panitia Pande Putu Darmiasih.

I Gusti Bagus Putra memaparkan lomba mata pelajaran tingkat SD se-Kecamatan Abang, rutin dilaksanakan setiap tahun serangkaian HUT SMPN 1 Abang. Pesertanya tetap se-Kecamatan Abang,

Dengan lomba ini, sejak SD terpantau kualitas akademik para siswa. Jika nanti para pemenang lomba ini bersekolah di SMPN 1 Abang, maka akan langsung mendapatkan pembinaan khusus untuk persiapan OSN tingkat kabupaten.

Dalam lomba kali, peserta IPA 34 sisa, IPS 13 siswa dan Matematika 28 siswa. Ketua Panitia Pande Putu Darmiasih mengatakan, pemenang lomba selama ini terbagai rata, tidak ada sekolah yang mendominasi. "Persaingannya merata di setiap sekolah, buktinya juara I, juara II dan juara III, berasal dari sekolah berbeda," jelas guru IPA tersebut.

Lomba mapel dilaksankan Selasa (16/5), hanya para pemenang saja yang dapat undangan panitia HUT SMPN 1 Abang. Pande Putu Darmiasih berharap, tahun depan agar lebih banyak lagi yang ambil bagian di lomba mata pelajaran itu. Sehingga persaingannya lebih ketat, dan kualitas lomba meningkat.

Di Kecamatan Abang ada 59 SD, terbanyak setelah Kecamatan Karangasem 70 SD. Jika tiap sekolah melibatkan 3 siswa di tiga mata pelajaran, sedikitnya pesertanya 177 siswa, sementara yang ambil bagian baru 75 siswa. ‘’Ini artinya masih banyak sekolah tidak ikut lomba,’’ ujarnya.7k16

Komentar