nusabali

Pengunjung Membeludak, Tari Kecak di DTW Uluwatu Tampil Ekstra

  • www.nusabali.com-pengunjung-membeludak-tari-kecak-di-dtw-uluwatu-tampil-ekstra

DENPASAR, NusaBali - Kunjungan wisatawan yang membeludak belakangan ini tentu mengembirakan kalangan pengelola Daya Tarik Wisata (DTW). Walau untuk itu, harus kerja ekstra. Seperti pengelola pertunjukan Tari Kecak Ramayana di DTW Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, karena pengunjung melimpah, sehingga pementasannya dilakukan secara ekstra.

“Karena kapasitas stage (panggung) sudah penuh pada pentas reguler, kita tawarkan wisatawan untuk nonton pada pentas tambahan,” ujar Asiten Manajer Personalia DTW Uluwatu I Wayan Mosinarjana, Jumat (9/6).

Dikatakan, pertunjukkan ekstra itu kerap dilakukan menyusul membeludaknya kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestic (wisdom) maupun manca negara (wisman). Kata dia, sejak Mei hingga awal Juni 2023, kunjungan ke DTW Uluwatu termasuk yang menonton Tari Kecak membeludak. “Rata-rata 5.500 pengunjung. Bahkan pada saat libur panjang Hari Raya Waisak sampai 7.000 per hari,” ungkap Mosinarjana.

Membludaknya wisatawan tentu mengembirakan, karena pasti meningkatkan pendapatan DTW. Walau pun untuk itu pengelola harus kerja keras, di antaranya menggelar pertunjukkan ekstra. Pertunjukkan ekstra digelar setelah pentas reguler pukul 18.00-19.00 wita. Setelah jeda 15 menit, pentas kedua digelar. “Wisatawan yang menonton juga lumayan banyak, rata-rata sampai ratusan orang,” katanya.

Menyusul membludaknya tingkat kunjungan, pengelola DTW Uluwatu juga menyiapkan fasilitas tambahan. Terutama tambahan areal parkir untuk menampung ratusan kendaraan yang wisatawan. “Dari awalnya sudah tersedia sekitar dua hektare, kini ada perluasan lagi sekitar 1,5 hektare, sehingga seluruhnya jadi 3,5 hektare,” kata Mosinarjana.

“Dengan tambahan areal parkir tersebut pengunjung DTW tetap merasa aman dan nyaman, walaupun jumlah pengunjung meningkat. Sebanyak 88 personel kami, termasuk staf siap melayani wisatawan,” imbuhnya. 7 K17

Komentar