nusabali

Karangasem Kukuhkan Pemenang FLS2N ke Provinsi

  • www.nusabali.com-karangasem-kukuhkan-pemenang-fls2n-ke-provinsi

Karangasem kukuhkan pemenang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan berhak berlaga di Provinsi Bali.

AMLAPURA, NusaBali
Dari lima nomor lomba, hanya tiga nomor ditetapkan pemenangnya. Dua nomor lomba tanpa peserta, sehingga Disdikpora Karangasem menunjuk peserta dari beberapa sekolah.

Sekretaris Disdikpora I Wayan Sutrisna didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Karangasem I Wayan Sarya,  mengungkapkan, tiga nomor yang dilombakan itu, nyanyi solo, gitar solo, dan lomba cipta dan baca puisi. Juara nyanyi solo dimenangi Ni Komang Candrawati dari SMPN 2 Amlapura, juara gitar solo Kadek Dandika Prayoga dari SMPN 1 Bebandem, dan juara lomba cipta dan baca puisi I Dewa Ayu Agung Githa dari SMPN 5 Amlapura.

Sedangkan nomor musik tradisional dan menari Disdikpora Karangasem menyerahkan kepada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) seni dan budaya. MGMP telah menunjuk SMPN 2 Amlapura sebagai wakil di nomor seni tari, sedangkan SMPN 5 Abang dan SMPN 5 Amlapura di nomor musik tradisional.

“Tinggal membina peserta yang lolos ke FLS2N tingkat provinsi, yang lombanya Juli mendatang,” kata Wayan Sutrisna di sela-sela lomba di aula kantor Disdikpora di Jalan Veteran Amlapura, Jumat (16/6).

Menurutnya FLS2N bertujuan mengembangkan potensi siswa, mendorong kreativitas siswa, mengasah kepekaan dan menghargai keanekaragaman budaya.

Musik tradisional misalnya, garapannya harus baru, berpijak dari seni musik lokal. Begitu juga di bidang seni tari, garapannya juga harus baru.

Di nomor musik tradisional Karangasem menampilkan tujuh siswa, enam dari SMPN 5 Abang, yakni, I Komang Kembar Eka Tri Budayatna, I Ketut Kembar Eka Catur Anggaditta, Ni Komang Helina Komala Dewi, Ni Ketut Kembar Sukmawati, I Wayan Budi, dan I Wayan De Angga Bayu Saksena. Dan seorang murid SMPN 5 Amlapura I Gusti Agus Ade Dwi Payana.

Inilah daftar pemenang. Lomba nyanyi solo, juara I Ni Komang Candra Dewi dari SMPN 2 Amlapura, juara II Ni Luh  Ariani dari SMPN 1 Abang, dan juara III Ni Luh Putu Indah Lestari dari SMPN 1 Kubu. Nomor gitar solo, juara I Kadek Dandika Prayoga dari SMPN 1 Bebandem, juara II I Komang Giwang Triana dari SMPN 3 Kubu, dan juara III Kadek Wildan Kusuma Diva dari SMPN 2 Manggis. Nomor baca puisi, juara I Dewa Ayu Agung Githa dari SMPN 5 Amlapura, juara II I Made Kawit Pastika dari SMPN 5 Kubu, dan juara III Komang Ledyana Ayu Bintang dari SMPN 3 Manggis. *k16

Komentar