nusabali

272 Siswa SMP Ikut OSN Karangasem

  • www.nusabali.com-272-siswa-smp-ikut-osn-karangasem

Penilaian untuk menentukan siswa lolos ke OSN tingkat Provinsi Bali, tidak menggunakan passing grade.

AMLAPURA, NusaBali
272 siswa jengjang SMP se-Karangasem adu cerdas dalam  OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Kabupaten Karangasem. Mereka memperebutkan tiket ke OSN tingkat Provinsi Bali. OSN ini melombakan tiga mata pelajaran, yakni IPA, IPS dan Matematika. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Ddisdikpora) Karangasem membatasi, setiap sekolah hanya boleh mengirim lima anak untuk tiap mata pelajaran.

Kabid SD dan SMP Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana memaparkan hal itu di sela-sela memantau OSN di SMPN 2 Amlapura, Rabu (17/5). Kata dia, OSN berlangsung secara online melalui handphone. Tempat OSN di SMPN 2 Amlapura. Panitia terlebih dahulu memantau kehadiran dan kesiapan akses internet di lokasi. Jelas Jaya Arsana, penilaian untuk menentukan siswa lolos ke OSN tingkat Provinsi Bali, tidak menggunakan passing grade. Tetapi, melalui ranking lima besar pada tiap mata pelajaran.

Namun ada ketentuan, maksimal di tiap sekolah hanya bisa diloloskan 2 siswa untuk tiap mata pelajaran. "Jika misalnya peserta dari satu sekolah mampu meloloskan 5 siswa pada salah satu mata pelajaran, maka yang berhak mewakili Karangasem 2 siswa. Tiga siswa lainnya berasal dari rangking 6, 7 dan 8 dari sekolah," katanya.


Peserta OSN SMP tersebut dari peserta mata pelajaran IPA 89 siswa, IPS 92 siswa, dan Matematika 91 siswa. Mereka dari 30 sekolah. "Pelaksanaan OSN tingkat Provinsi Bali, masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut," tambah mantan Sekcam Karangasem itu.

Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan, mengirim 15 siswa pintar masing-masing 5 siswa di tiap mata pelajaran. "Mengingat yang berhak lolos tiap sekolah ada pembatasan, maka kami target meloloskan 2 siswa di tiap mata pelajaran, maksimal lolos 6 siswa," jelas I Kadek Wirawan. Dia menargetkan, bukan sekadar lolos ke tingkat Provinsi Bali, melainkan bisa merebut gelar OSN tingkat Nasional. Target ini disertai pembinaan secara intensif pada siswa.

Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana mengatakan, walaupun dari sekolah pinggiran, dia bertekad meloloskan siswanya ke OSN tingkat Provinsi Bali. "Kami pasang target meloloskan 2 siswa ke OSN Provinsi Bali, selama ini telah berusaha optimal melakukan persiapan," jelasnya.7k16

Komentar