nusabali

Tabanan Kurang Tenaga Penyuluh Pertanian

  • www.nusabali.com-tabanan-kurang-tenaga-penyuluh-pertanian

TABANAN, NusaBali - Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan kekurangan tenaga penyuluh pertanian. Saat ini baru tersedia 70 tenaga untuk melayani 133 desa di Tabanan. Padahal idealnya satu petugas bertugas di satu desa, namun sekarang satu petugas bisa melakukan pendampingan di tiga desa.

Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia menegaskan jika tenaga penyuluh pertanian ini penting untuk memberikan edukasi kepada petani. Khususnya melaksanakan konsep smart farming sebagai solusi untuk mempertahankan produktivitas pertanian minimal di Tabanan. 

"Memang kurang untuk tenaga penyuluh pertanian. Karena kurang, maka ada satu orang petugas yang bertugas di tiga desa, idealnya satu petugas melakukan pendampingan di satu desa. Tahun sekarang saja akan ada empat orang yang pensiun. Jadi berkurang lagi," ujarnya, Kamis (18/5). 

Terhadap hal itu, ia menyarankan pemerintah kembali membuka ruang untuk menempatkan satu pelunyuluh di setiap desa. Dan apabila itu tidak memungkinkan solusi lain adalah merekrut tenaga teknis pertanian pendidikan sarjana pertanian atau sederajat. 

"Tenaga teknis ini dapat diarahkan untuk mengembangkan program pertanian yang memanfaatkan lahan produktif yang belum dioptimalkan," katanya. 

Made Subagia menekankan pentingnya sinergi antara petugas teknis, penyuluh pertanian, dan petani. Dengan adanya pendampingan dan pengawasan yang baik, sektor pertanian Tabanan dapat mengatasi tantangan yang ada dan mencapai produktivitas yang optimal. "Mudah-mudahan nanti ada kabar baik," harapnya. 7des

Komentar