nusabali

Drumband Kolaborasi Baleganjur Semarakkan Pameran Pendidikan

  • www.nusabali.com-drumband-kolaborasi-baleganjur-semarakkan-pameran-pendidikan

SEMARAPURA, NusaBali - Sebanyak 50 siswa SMPN 1 Banjarangkan, Klungkung, pentaskan drumband kolaborasi baleganjur di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung saat pemeran pendidikan serangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (16/5).

Kasek SMPN 1 Banjarangkan I Nengah Suradnya mengatakan, anak didiknya tampil dengan tema Gita Remaja berkaitan dengan tema Hardiknas 2023 yakni Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. 

Pementasan drumband kolaborasi baleganjur sebagai wujud pengembangan bakat anak di bidang seni, khususnya seni musik. Baleganjur merupakan musik kearifan lokal berkolaborasi dengan musik modern, drumband. Mewujudkan kolaborasi ini banyak tantangan sebab memerlukan sebuah ritme kebersamaan, penghayatan, dan bagaimana bersinergi dalam hati untuk menampilkan sebuah kolaborasi. 

“Kolaborasi inilah yang menjadi tantangan supaya anak-anak terbiasa bukan dalam berkompetisi, tapi menyatukan hati dalam berbagai kreativitas,” kata Suradnya. 

Latihan dilaksanakan sejak 2 minggu lalu dengan melibatkan 50 siswa. Selain SMPN 1 Banjarangkan juga dipentaskan drumband kolaborasi dari SMPN 1 Semarapura. Kolaborasi fashion show dari SMPN 3 Semarapura diiringi baleganjur dari SMPN 2 Semarapura. Wakil Ketua Panitia, I Nyoman Karyawan mengatakan kegiatan ini untuk memberikan ruang kepada siswa untuk dapat mengembangkan bakat dan minat dalam seni budaya. 7 wan

Komentar