nusabali

Cerita yang Tersisa dari Pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu 2024 di KPU Gianyar

Buru-buru, Ketua Partai Buruh Gianyar Tak Sadar Pakai Sandal Sanglir

  • www.nusabali.com-cerita-yang-tersisa-dari-pendaftaran-bacaleg-untuk-pemilu-2024-di-kpu-gianyar

Agus Suarjaya awalnya datang seorang diri untuk meregistrasi kehadiran dan memastikan partainya akan mendaftarkan caleg dan berkasnya masih di perjalanan.

GIANYAR, NusaBali
Kantor KPU Kabupaten Gianyar menerima pendaftaran bacaleg Pemilu 2024 pada hari terakhir, Minggu (14/5) hingga pukul 24.00 Wita. Sebagai pendaftar terakhir adalah Partai Buruh. Lantaran tergesa-gesa Ketua Partai Buruh Gianyar, I Wayan Agus Suarjaya saat menyerahkan berkas pendaftaran ternyata memakai sandal sanglir alias berbeda antara kaki kiri dan kanan. Agus yang asal Ubud ini mengaku tak sadar memakai sandal berbeda. Saat mendaftar dia awalnya datang seorang diri.

Petugas KPU pun dibikin geleng-geleng lantaran tampilan laki-laki yang ngaku sebagai Ketua Partai Buruh Gianyar ini. Agus Suarjaya awalnya datang seorang diri sekitar pukul 21.30 Wita beberapa saat menjelang penutupan pendaftaran. Tidak hanya karena sandal, kehadirannya juga tidak berbekal selembar kertas pun. 

Dia menyebutkan jika kedatangannya untuk meregistrasi kehadiran dan memastikan partainya akan mendaftarkan caleg. Hanya saja berkasnya masih dalam perjalanan. Sembari menunggu kedatangan rekannya hingga hampir tengah malam, Agus baru menyadari jika sandalnya sanglir. "Waduh, pantesan semua dari tadi liatin saya. Ternyata sandal yang saya pakai sanglir," ujarnya malu.


Agus pun bergegas keluar dari kantor KPU dan memilih menunggu rekannya di warung untuk menghindari perhatian. "Saya memang direkomendasi untuk memimpin Partai Buruh beberapa hari lalu. Jadi semua berkas pendaftaran sudah disiapkan. Kalau tanya jumlah caleg dan nama-nama yang nyaleg, maaf saya belum tahu," ungkapnya jujur. Namun sayang, lantaran sudah teregistrasi di pendaftaran petugas KPU pun harus sabar menunggu sampai subuh. 

Pengurus Partai Buruh Bali akhirnya datang membawa berkas sekitar pukul 05.00 Wita. Penyerahan Dokumen Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Gianyar itu diserahkan langsung oleh Ketua Partai Buruh Bali, I Gde Semara Bawa didampingi Agus Suarjaya dan pengurus lainnya. Dalam dokumennya Partai Buruh hanya mengajukan bakal calon anggota DPRD  Gianyar sebanyak 5 orang dan hanya di dapil Gianyar saja. Terdiri dari Anak Agung Gede Putra, Salawati, Ni Kadek Herawati, I Ketut Nukayasa dan I Gede Arya Danu Palguna. 

Oleh KPU, kelengkapan berkas lantas diunggah secara online melalui Aplikasi SILON dan berkas Partai Buruh dinyatakan lengkap. Sebelumnya juga datang mendaftar Partai Gelora dan PPP. Sementara data di KPU Gianyar tercatat dari 18 parpol peserta pemilu nasional, hanya 16 parpol yang mendaftar di KPU Gianyar. Dua partai, yaitu Partai Ummat dan Partai PBB tidak memdaftarkan calegnya. Pasca pendaftaran KPU akan melakukan proses verifikasi administrasi terhadap calon yang sudah diunggah di aplikasi SILON pada 15 Mei hingga 23 Juni 2023 mendatang. 7 nvi

Komentar