nusabali

Pelamar PPS Belum Penuhi Kuota

  • www.nusabali.com-pelamar-pps-belum-penuhi-kuota

KPU Gianyar dituntut harus mendapatkan pelamar dua kali lipat dari kebutuhan 210 orang.

GIANYAR, NusaBali
Menjelang batas waktu terakhir pendaftaran, pelamar Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa/kelurahan di Gianyar belum memenuhi kuota. Pendaftaran dibuka hingga 8 Mei 2024. Komisioner Divisi Sosdiklih Parmas SDM KPU Gianyar, Gusti Bagus Agung Swandhita, mengatakan jumlah pelamar yang harus dipenuhi sebanyak 420 orang. Jumlah ini dua kali lipat dari yang dibutuhkan yakni sebanyak 210 orang untuk ditempatkan di 70 desa/kelurahan. 

Tiap desa/kelurahan terdiri dari 3 orang PPS yang akan bertugas pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak 2024 yakni Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Bali dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Gianyar. “Per hari ini sudah mulai ada peningkatan meskipun belum terpenuhi jumlah kuota pelamarnya,” ungkap Gusti Swandhita, Selasa (7/5). Kondisi ini menghawatirkan KPU Gianyar sebab mereka dituntut harus mendapatkan pelamar dua kali lipat dari kebutuhan. 

Gusti Swandhita mengatakan, atas kondisi minimnya pelamar pihaknya sudah berupaya mensosialisasikan kebutuhan PPS ke tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan. “Sudah kami lakukan sosialisasi di sosmed, media cetak, radio. Kami juga sudah audiensi ke camat dan sosialisasi tatap muka dengan perangkat kecamatan, desa, dan kelurahan,” ujar Gusti Swandhita. Masih berpikir positif, sebab masih ada sisa waktu untuk menunggu para pelamar. Dia pun tak mengetahui alasan kenapa PPS yang lama enggan melamar hingga kini. “Tiang sudah sampaikan juga di group PPS. Mungkin mereka akan daftar menjelang hari-hari akhir. Masih ada waktu. Jika pun tidak terpenuhi pelamar akan ditambah 3 hari lagi,” ujarnya. 

Meski ada kebijakan penambahan waktu, namun tuntutan adanya pelamar dua kali lipat juga menjadi tantangan. “Grafik pelamar yang naiknya tidak signifikan mengkhawatirkan buat kami. Kami butuh dua kali dari jumlah kebutuhan. Kalau di PPS ada 3 orang anggota, maka perlu sekurangnya 6 orang yang mendaftar. Tiga orang sebagai anggota, 3 orang sebagai PAW,” jelas Gusti Swandhita. Hanya saja, berapa yang sudah melamar saat ini pihaknya belum melakukan rekap. “Belum, karena harus direkap dulu, rekapnya secara manual,” beber Gusti Swandhita. 7 nvi

Komentar