nusabali

3 Masuk Dok, 13 Kapal Beroperasi

  • www.nusabali.com-3-masuk-dok-13-kapal-beroperasi

AMLAPURA, NusaBali - Tiga kapal yang biasanya melayani penyeberangan  dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem - Pelabuhan Lembar, Lombok, masuk dok untuk perawatan di Surabaya. Namun setiap hari ada 13 kapal beroperasi untuk dua Pelabuhan itu, dari 25 kapal yang ada.

Pelayanan dari Pelabuhan Padangbai - Pelabuhan Lembar, dan atau sebaliknya, lancar. Ni Luh Putu Eka Suyasmin, Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Pelabuhan Padangbai, memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (9/5).

Dari tiga kapal masuk dok, katanya, yakni KMP Nusa Sakti, dengan bobot 676 gross tonnage, kapasitas 125 penumpang dan 20 kendaraan roda empat, KMP Nusa Bakti dengan bobot 673 gross tonnage dengan kapasitas 134 penumpang dan 25 kendaraan roda empat dan KMP Nusa Penida, dengan bobot 649 gross tonnage dengan kapasitas 130 penumpang dan 25 kendaraan roda empat, ketiganya milik PT PM SP Ferry. "Walaupun ada tiga kapal masuk dok, tapi pelayanan bongkar muat tidak terkendala, apalagi penumpang relatif sepi," jelas Ni Luh Putu Eka Suyasmin.

Lanjut Ni Luh Putu Eka Suyasmin, di Pelabuhan tercatat 25 kapal. Setelah tiga kapal masuk dok, kini tersisa 22 kapal. Sedangkan kapal beroperasi setiap hari, 13 kapal, terbagi dua shift, shift I pukul 08.00 Wita-20.00 Wita sebanyak 7 kapal, dan shift II pukul 20.00 Wita-08.00 Wita sebanyak 6 kapal, dengan bongkar muat lamanya 1,5 jam menggunakan dua dermaga.

Sebelumnya saat pelayanan penumpang mudik Idul Fitri dan arus balik setelah Idul Fitri, tercatat 5 kapal masuk dok. Dua dari 5 kapal yang sempat masuk dok, KMP Gemilang VIII dan KMP Muryati masing-masing kapasitas 350 penumpang, telah kembali beroperasi. Sehingga tinggal 3 kapal menjalani perawatan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol AA Ngurah Agung juga mengatakan, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Padangbai, terbilang landai. "Selama ini  tidak pernah terjadi antrian, penyeberangan lancar-lancar saja," katanya.

Meski demikian, pengawasan tetap berlangsung sesuai SOP (standar operasional prosedur), pemeriksaan surat-surat kendaraan calon penumpang di Pos I, sedangkan pemeriksaan surat-surat kendaraan yang baru turun dari kapal hendak meninggalkan pelabuhan di Pos II, dan pemeriksaan identitas penumpang pejalan kaki di pintu gerbang dermaga di Pos III. Pelabuhan Padangbai juga terpasang CCTV (closed circuit television), petugas rutin menggelar patroli, dan bentuk pengawasan lainnya, agar tidak ada barang ilegal terselundupkan ke Bali.7k16

Komentar