nusabali

12 Balon DPD RI Sudah Mendaftar ke KPU Bali

Geredeg Terjun di 9 Kabupaten / Kota, Sukayasa Garap 106 Dadia

  • www.nusabali.com-12-balon-dpd-ri-sudah-mendaftar-ke-kpu-bali

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 4 Bakal Calon (Balon) DPD RI telah mendaftar ke KPU Bali di Jalan Tjokorda Agung Tresna Niti Mandala Denpasar, Selasa (9/5). Mereka adalah I Wayan Sukayasa, I Wayan Sedang, I Ketut Hari Suyasa dan I Wayan Geredeg. Hingga memasuki hari kesembilan masa pendaftaran, sudah 12 dari 18 kandidat yang memenuhi syarat minimal dukungan melakukan pendaftaran.

Salah satu kandidat kuat Wayan Geredeg mengklaim optimis lolos Senayan, dengan telah terjun di 9 kabupaten dan kota. Sementara Sukayasa mengklaim sudah turun di 106 dadia pasemetonan berbagai soroh yang tersebar di kabupaten dan kota. 

Informasi yang dihimpun NusaBali, kandidat Wayan Sukayasa mendaftar pada pukul 09.10 Wita. Sukayasa yang advokat senior ini didampingi LO (liaison officer) dan tim relawan yang merupakan kalangan tokoh. Setelah Sukayasa, menyusul mendaftar I Wayan Sedang pada pukul 13.00 Wita, I Ketut Hari Suyasa pada pukul 14.00 Wita dan I Wayan Geredeg pada pukul 15.30 Wita. Geredeg didampingi putrinya, Putu Yuli Artini yang notabene Anggota Fraksi Golkar DPRD Bali dapil Karangasem dan kader senior Partai Golkar Provinsi Bali Muammar Kadafi.

“Saya sudah turun di 106 dadia pasemetonan, kita bertemu kalangan aktivis, kalangan advokat dan tercatat juga turun di sejumlah desa adat. Saya sudah datangi 24 desa adat di 7 kabupaten dan kota. Nggak perlu saya detail sampaikan, yang jelas berusaha terus secara maksimal,” ujar Sukayasa dikonfirmasi NusaBali, usai mendaftar. 
     
Sementara Geredeg mengklaim gencar melakukan gerakan sosialisasi untuk lolos ke Senayan. “Sebelum pendaftaran kita sudah terjun, garap semua potensi. Ya kalangan pasemetonan dan kalangan Partai Golkar,” ujar Geredeg. Mantan Bupati Karangasem dua periode dan Ketua DPD II Golkar Karangasem dua periode ini mengaku mengerahkan kekuatan Pasemetonan Arya Kanuruhan yang jumlahnya 50.000 KK di Bali. “Saya sudah turun di 9 kabupaten dan kota menemui pasemetonan. Dengan kekuatan 50.000 KK pasemetonan kita harus optimis. Ya harus berjuang dulu dengan optimis,” ujar politisi asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem ini. 

Para kandidat yang sudah diterima pendaftarannya, yakni Ainun Ni’Am, Gede Suardana, I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna yang notabene merupakan incumbent dua periode. Kemudian ada I Ketut Hari Suyasa, Komang Merta Jiwa, I Made Kerta Suwirya, I Wayan Geredeg, I Wayan Sedang, I Wayan Sukayasa, I Made Widhi Darma dan Putu Wahyu Widiartana. 

Anggota KPU Bali, Gede John Darmawan mengatakan, dari 18 bakal calon sudah 12 orang yang mendaftar dan seluruh berkasnya dinyatakan diterima. Kata John Darmawan, KPU Bali memberlakukan para kandidat secara adil ketika mendaftar. “Kita perlakukan sama, seluruh kandidat punya hak yang sama, diterima komisioner dan diberikan ruang wawancara kepada media,” tegas mantan Ketua KPU Denpasar ini.

John Darmawan memperkirakan dengan sisa waktu yang ada, tinggal 6 kandidat DPD RI saja yang ditunggu KPU Bali. “Kalau untuk DPD kan tinggal 6 bakal calon. Sementara untuk pendaftaran caleg dari parpol diperkirakan akan padat jelang-jelang pendaftaran berakhir. Pendaftaran akan ditutup pada 14 Mei 2023,” ujar John Darmawan. 7 nat 

Komentar