nusabali

Jelang Timnas U-22 Kontra Kamboja, Sapu Bersih Incar Tuan Rumah

  • www.nusabali.com-jelang-timnas-u-22-kontra-kamboja-sapu-bersih-incar-tuan-rumah

PHNOM PENH, NusaBali - Timnas Indonesia U-22 terus melanjutkan tren positif dalam SEA Games 2023. Tim asuhan Indra Sjafri itu selalu menang dalam tiga laga, yakni lawan Filipina 3-0 dan Myanmar 5-0. 

Lalu terakhir, Timnas U-22 menang 3-0 atas Timnas Timor Leste U-22, Minggu (7/5) petang WIB. Pada laga terakhir itu, Garuda Muda menang telak 3-0.

Tiga kemenangan dari tiga laga membuat Timnas U-22 berdiri nyaman di puncak klasemen sementara Grup A. Garuda Muda memiliki sembilan poin dari tiga pertandingan. Namun masih ada satu laga lagi yang harus dijalani Timnas U-22 di Grup A, yakni menjajal kekuatan sang tuan rumah, Timnas Kamboja U-22.

Lawan Timnas Kamboja U-22, Timnas seharusnya bisa bermain dengan lebih santai. Sebab, tiket ke semifinal pasti diraih Rizky Ridho dkk. Bahkan, Timnas U-22 hampir pasti lolos ke semifinal dengan status sebagai juara Grup A. Bahkan siap mengemban misi sapu bersih dengan menggulung tuan rumah Kamboja.

Timnas Myanmar masih mungkin melampaui Garuda Muda, tetapi situasinya sangat sulit bagi Thet Hein Soe dkk. Myanmar harus menang dengan skor lebih dari sembilan gol untuk melampaui selisih gol yang dimiliki Timnas Indonesia U-22. Hal itu pun harus disertai kekalahan Garuda Muda dari Kamboja. 

Kondisi itu membuat pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri untuk kembali melakukan rotasi. Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan yang selalu bermain sejak laga pertama bisa diistirahatkan.

Peran kedua pemain itu sangatlah penting pada semifinal nanti. Sebab, kemungkinan besar Timnas Indonesia U-22 akan berhadapan dengan Timnas Thailand U-22 atau Timnas Vietnam U-22 di fase semifinal SEA Games 2023.

Fajar Fathur Rachman yang tampil apik di sepanjang babak grup juga layak mendapatkan waktu istirahat pada laga melawan Kamboja U-22. Begitu juga dengan pemain lain seperti Ananda Raehan dan Pratama Arhan.

Sedangkan bek serbabisa Timnas Indonesia U-22, Alfeandra Dewangga, menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya siap menghadapi siapapun lawannya pada semifinal SEA Games 2023. Timnas U-22 dipastikan lolos menyusul kemenangan 3-0 atas Timor Leste pada Minggu (7/5/2023) di Olympic Stadium, Phnom Penh.

“Pastinya kita waspadai karena Vietnam dan Thailand adalah tim bagus, kompak, tapi kita lawan siapapun enggak takut, kita siap untuk melawan siapa saja," kata Shin Tae-yong. *

Komentar