nusabali

UKT dan Diklat Penguji Diikuti 108 Peserta

Taekwondo Indonesia Bali Siap Gelar Kejurwil VI dan Kejurnas Terbuka

  • www.nusabali.com-ukt-dan-diklat-penguji-diikuti-108-peserta

DENPASAR, NusaBali - Ketua Umum Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Bali, Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranataha membuka resmi Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) DAN, dan Diklat Penguji Daerah 2023 di Aula Universita Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, Sabtu (6/5). Kegiatan dua hari hingga Minggu (6/6) itu diikuti 108 peserta.

Sedangkan TI Bali sendiri bersiap menggelar Kejurnas Wilayah VI di Bali dan kejuaraan Nasional Open pada 5-7 Juli 2023.  Hal itu dilakukan setelah mereka sukses menggelar UKT dan Diklat Penguji. Kegiatan tersebut langsung diuji Master Hari Kuswahyudi dari Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI). 

Sedangkan tincian 108 peserta yang ikut UKT, ke DAN 1 sebanyak 48 orang, ke DAN 2 sebanyak 19 orang, Pemutihan ke DAN 2 sebanyak 8 orang, ke DAN 3 sebanyak 14 orang, ke DAN 4 sebanyak 6 orang, pemutihan ke DAN 4 sebanyak 4 orang, serta untuk Diklat Penguji Daerah sebanyak 11 orang.  

Dalam arahannya, Hari Kuswayudi mengatakan, Pengprov TI Bali memiliki banyak catatan penting terkait pembinaan prestasi yang sangat perlu ditingkatkan. Dengan kegiatan tersebut, PB TI Bali berharap ada peningkatan kualitas dari para pelatih (sabeum) yang menjadi ujung tombak pembinaan. 

Kuswayudi sebagai pemegang DAN VII Kukiwon menyebutkan TI Bali kedepannya bisa meraih prestasi yang diharapkan. Dengan adanya Diklat dan UKT DAN ini juga, tentunya ada evaluasi langsung terkait bagaimana kualitas para pelatih yang akan sangat berdampak pada pembinaan. Lebih lanjut, Master Hari Kuswayudi yang didampingi asisten penguji, sabeumnim Christian dan sabeumnim Irwan juga memberikan evaluasi dan arahan dan tambahan ilmu kepada seluruh peserta UKT, pertama tentang kedewasaan berorganisasi insan taekwondoin, beda pendapat adalah wajar. 

Master Hari yang didampingi Ketua Panitia Ni Wayan Surya Muspita Dewi, penyandang DAN III Kukiwon menegaskan yang namanya program meraih prestasi yang sudah dicanangkan oleh ketua, semua orang yang berbeda harus mendukung dan tidak boleh tidak, kalau tidak prestasi akan tersendat-sendat. Poin kedua, para pelatih unit taekwondo harus haus ilmu, begitu dia dapat ilmu mereka akan sebarkan kepada juniornya bahkan pada murid-muridnya sehingga akan baik semuanya. 

Sementara itu, dalam sambutan pada acara pembukaan Ketua Umum Taekwondo Indonesia Pengprov Bali, Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha mengatakan tujuan UKT untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan para taekwondoin untuk naik tingkat. Agung Suryawan, 
menyebutkan Hari Kuswahyudi dikirim PBTI untuk menguji atlet taekwondo Bali yang dibantu asisten penguji Sabeum Christian dan Sabeum Irwan, Sedangkan sertifikat akan dikeluarkan Kukkiwon Pusat Taekwondo Dunia di Korea Selatan.

Di sela-sela kegiatan UKT Poom/DAN serta Diklat Penguji Daerah yang dihadiri pula oleh para Ketua Pengkab dan Pengkot Taekwondo Indonesia Bali serta beberapa jajaran Pengurus TI Bali, Ketum TI Bali juga menyinggung tentang akan diadakannya kegiatan Kejurnas Wilayah 6 yang akan dilaksanakan di Bali. 

Menurut Agung Suryawan, kegiatan selanjutnya proyeksi kejuaraan Nasional Open pada 5-7 Juli 2023. Harapannya agar seluruh atlet di Bali yang akan mengikuti ajang kejuaraan tersebut harap mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.dek

Komentar