nusabali

Rafael Struick dan Ivar Jenner Tunggu Disumpah

  • www.nusabali.com-rafael-struick-dan-ivar-jenner-tunggu-disumpah

JAKARTA, NusaBali - Keinginan Rafael Struick dan Ivar Jenner untuk memegang paspor Indonesia tinggal selangkah lagi. Kedua pemain keturunan tersebut kini tinggal mengambil sumpah.

Sebagaimana dikutip Goal, Sabtu (6/5), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangi Keppres naturalisasi Jenner dan Struick. Artinya, kedua pemain tersebut tinggal mengambil sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Tentunya, situasi tersebut sangat baik untuk timnas Indonesia. Mengingat, Jenner dan Struick merupakan pemain keturunan yang diminta langsung pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. "Saya sampaikan proses naturalisasi sesuai dengan komitmen kita satu demi satu terselesaikan. Kemarin kita selesaikan Shayne Pattynama yang posisi bek kiri,” kata ketua umum PSSI Erick Thohir di kawasan Senayan, Jakarta.

“Saya juga ingin pastikan untuk proses Ivar Jenner yang merupakan posisinya bisa di tengah, bisa main gelandang bertahan, bersama juga Rafael Struick yang posisinya bisa penyerang kiri dan bisa kanan serta di tengah juga. Itu juga Alhamdulillah sudah ditandatangani beliau (Jokowi). Jadi tinggal bagaimana untuk proses selanjutnya yaitu mengangkat sumpah dan paspornya. Jadi paling tidak ketiga naturalisasi selesai,” tambah Erick.

Erick menyampaikan pengambilan sumpah Jenner dan Struick dilakukan dalam waktu dekat. Rencananya agenda tersebut digelar pertengahan bulan ini.

“Nanti kita tunggu kan prosesnya baru selesa. Mungkin minggu depan, mungkin di pertengahan Mei sesudah SEA Games kita coba bawa mereka ke Indonesia, pulang kampung,” ucapnya.

Selain itu, Erick menyebut kans Jenner dan Struick untuk debut bersama Timnas Indonesia bakal terjadi pada FIFA Matchday Juni mendatang. Hanya saja, ia menyerah semua keputusan kepada Shin Tae-yong untuk memainkan atau tidak kedua pemain tersebut.

“Ya, semua terbuka karena memang sesuai diskusi saya dengan coach Shin Tae-yong waktu itu, bahwa kita ada FIFA Matchday di bulan Juni, di bulan September, kemudian Oktober, November banyak agenda besar. Oktober dan November ada kualifikasi Piala Dunia buat 2026, lalu ada AFC di bulan September, dan Asian Games,” ujarnya.7

Komentar