nusabali

Parkir Pura Agung Pulaki Ditata

  • www.nusabali.com-parkir-pura-agung-pulaki-ditata

SINGARAJA, NusaBali - Lahan parkir Pura Agung Pulaki memiliki luas 16 are tata. Sebagian lahan parkir di-paving dengan sumber anggaran dari hibah bupati Buleleng sebesar Rp 200 juta. Proyek pavingisasi ini pun sudah tuntas dikerjakan pada bulan Maret lalu.

Sedangkan sebagian lahan parkir lainnya di sisi timur pura akan dirabat beton. Sumber anggarannya dialokasikan dari punia umat yang tangkil ke Pura Agung Pulaki. Penataan lahan parkir Pura Pulaki ini pun diresmikan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana pada Kamis (4/5) kemarin bertepatan dengan Purnama Jiyestha.

Kelian Pangempon Pura Agung Pulaki Nyoman Bagiarta mengatakan penataan kawasan pura salah satunya area parkir sangat diperlukan. Selain untuk memberikan kenyamanan kepada umat yang tangkil (datang sembahyang) ke pura, Pura Pulaki juga merupakan salah satu Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Buleleng. 


"Tentu dengan parkir yang lebih bagus dan tertata ini akan memberikan kenyaman lebjh umat yang tangkil. Begitu juga dengan wisatawan, " kata Bagiarta.

Sementara itu Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menekankan agar fasilitas pendukung ternasuk area parkir yang telah ditata ini agar dijaga dengan baik. Menurutnya seluruh elemen masyarakat wajib ikut andil dalam menjaga kelestarian pura.

“Pura Pulaki dan alam di sekitarnya ini adalah  sebuah anugerah dan keagungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang sangatlah luar biasa. Keberadaannya wajib dijaga dan kita lestarikan. Tidak hanya pemerintah tetapi juga kerjasama dan kolaborasi antar semua elemen masyarakat," pinta Lihadnyana. 7k23

Komentar