nusabali

Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas Balai Banjar Adat Lambing

  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-karya-melaspas-balai-banjar-adat-lambing
  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-karya-melaspas-balai-banjar-adat-lambing
  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-karya-melaspas-balai-banjar-adat-lambing

MANGUPURA, NusaBali - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri Karya Melaspas Balai Banjar Adat Lambing, Desa Adat Lambing, Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Badung, bertepatan dengan Rahina Buda Cemeng Kelawu, Rabu (3/5).

Renovasi Balai Banjar ini mendapatkan bantuan hibah Bupati Badung sebesar Rp 1,3 miliar dan untuk dana melaspas sebesar Rp 125 juta.

Turut mendampingi Sekda Adi Arnawa antara lain Penglingsir Puri Lambing, Perbekel Desa Mekar Bhuwana I Wayan Wiharta, Tripika Kecamatan Abiansemal, serta tokoh masyarakat setempat. Dalam sambutannya, Adi Arnawa mengucapkan rasa syukur angayubagia karena bisa hadir dalam acara melaspas Balai Banjar Adat Lambing. Pada kesempatan tersebut, birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan itu mengharapkan masyarakat harus tetap bersatu untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan adat. Sebab ini merupakan kebijakan pemerintah Kabupaten Badung berkaitan dengan visi dan misi Bupati Badung, yakni lima bidang prioritas utama, termasuk juga di dalamnya kebijakan di bidang agama, adat istiadat, Tradisi, seni, dan budaya.

“Ini bukti keberpihakan Bapak Bupati Badung dalam rangka membantu rakyatnya, dari segi adat dan budaya termasuk bantuan balai banjar, di mana balai banjar merupakan wadah untuk megendu wirasa,” ujar Adi Arnawa seraya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua tokoh masyarakat.


Mantan Kadispenda Badung ini juga berpesan kepada masyarakat, untuk bagaimana mulai ikut menanam bahan kebutuhan pokok dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Dirinya juga berharap semua masyarakat ikut  bergerak di bidang pertanian. Apalagi kini ditambah dengan kemajuan teknologi.

“Mari kita bersama sama tentukan apalagi di zaman teknologi, kita tunjukan dalam rangka membantu masyarakat dari segi memproduksi ketahanan pangan. Mari kita cegah alih fungsi lahan, dari segi menanam kebutuhan kita, apalagi bisa dijadikan objek wisata berbasis budaya, di samping Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kita juga bisa berkembang. Mari bersama-sama menjaga alam kita,” ajak Adi Arnawa.

Sementara itu Jro Bendesa Adat Lambing I Gusti Putu Arka, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Sekda Badung bersama undangan lainnya karena hadir dalam Karya Melaspas Balai Banjar Adat Lambing, Desa Adat Lambing. Dijelaskan, balai banjar ini merupakan bantuan hibah tahun 2018 dari Bupati Badung sebesar Rp 1,3 miliar, untuk renovasi balai banjar dan untuk finishing bantuan dari BKK Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Desa Mekar Bhuwana serta swadaya dari masyarakat setempat.

“Untuk upacara karya melaspas pada hari ini (kemarin) kami juga minta bantuan hibah dari Bapak Bupati Badung dalam hal untuk meringankan beban masyarakat,” ujarnya. @ ind

Komentar