nusabali

Juara MotoGP Spanyol, Bagnaia Kembali Pimpim Klasemen

Penuh Persaingan Sengit Lawan KTM, Dianggap Kemenangan Terbaik

  • www.nusabali.com-juara-motogp-spanyol-bagnaia-kembali-pimpim-klasemen

JEREZ, NusaBali - Rider Ducati Lenovo Francesco Bagnaia akhirnya kembali berdiri di podium tertinggi setelah memenangkan pertarungan sengit melawan Brad Binder (Red Bull KTM) pada lap-lap terakhir  MotoGP Spanyol, di Sirkuit Jerez,  Minggu (30/4) malam Wita.

Bagnaia  mencatatkan waktu terbaik  39 menit 29,085 detik sekaligus kembali menjadi juara sejak balapan pembuka GP Portugal di awal musim. Setelah itu, pebalap yang akrab disapa Pecco itu cukup mengalami masa  menantang di GP Argentina dan GP Amerika.

Usai kemenangan Bagnaia mengatakan raihan gelar juara di MotoGP Spanyol merupakan kemenangan terbaiknya di ajang balap tersebut. Menurut Bagnaia persaingannya benar-benar luar biasa, dan dia mengaku bersenang-senang. 

“Kami belajar banyak dari MotoGP ini, dan itu dapat membantu kami berkembang sebagai sebuah tim," kata  Pecco di laman resmi Ducati Corse, Senin (1/5).

Bagnaia menyebutkan hal itu bukan tanpa alasan, mengingat dia gagal meraih podium dalam dua grand prix  di Argentina dan Amerika Serikat. Sebelumnya, rider Italia itu juga mengalami kendala teknis dalam dua balapan utama di dua negara tersebut dan gagal memberikan performa terbaiknya sejak balapan pembuka di Portugal.   

"Melakukan (dan memenangkan balapan) di sini (Jerez, Spanyol) sangat istimewa, mengingat kehangatan yang luar biasa dari para penggemar, jadi saya merasa senang," kata Pecco.

Lebih lanjut, Manajer Umum Ducati Corse Luigi Dall'Igna mengatakan kemenangan Pecco di Spanyol menjadi amunisi penting bagi tim dan sang pebalap untuk menghadapi musim 2023 MotoGP. 

"Semua kemenangan Pecco itu indah, tapi yang ini mungkin lebih dari itu!. Saya sangat senang dengan kerja yang dilakukan oleh seluruh tim, dan sekali lagi selamat kepada Pecco karena telah menangani balapan hari ini seperti seorang juara sejati," kata  Dall'Igna.

Sementara itu, Binder yang sebelumnya memenangkan  Sprint Race pada Sabtu (29/4), finis di posisi kedua dengan selisih waktu 0,221 detik dari Pecco. Keduanya bersaing ketat memperebutkan gelar juara di Jerez, dengan pebalap asal Afrika Selatan itu mencoba keras menyalip Pecco di putaran terakhir. 

Binder  tak sendiri. Rekan satu timnya, Jack Miller, juga mencoba mempersempit peluang Pecco untuk memenangkan balapan utama tersebut. Tapi, Miller harus puas finis tepat di belakang Binder dengan waktu terpaut 1,119 detik dari sang pebalap Italia 

Lebih lanjut, daftar enam besar diisi oleh Jorge Martin (Prima Pramac Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan Luca Marini (Mooney VR46) dengan selisih waktu masing-masing 1,942 detik; 4,760 detik; dan 6,329 detik dari pemimpin balapan. 

Sementara, pebalap wildcard Dani Pedrosa terus menunjukkan kualitas terbaiknya di kelas MotoGP dengan finis di posisi ketujuh (+6,371 detik). Urutan kedelapan dan sembilan masing-masing ditempati oleh Alex Marquez (Gresini Racing) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda). 

Kemenangan Pecco di MotoGP Spanyol membuatnya kembali memuncaki klasemen sementara kejuaraan dengan total 87 poin. Di bawahnya ada Marco Bezzecchi (Mooney VR46) dan Binder dengan koleksi masing-masing 65 dan 62 poin. 

Selanjutnya di posisi empat dan lima ada Miller dengan jumlah 49 poin, unggul tipis atas Maverick Vinales (Aprilia Racing) yang berada di urutan kelima dengan 48 poin.  ant 

Komentar