nusabali

Puncak Arus Balik, 51.484 Orang Masuk Bali

  • www.nusabali.com-puncak-arus-balik-51484-orang-masuk-bali

NEGARA, NusaBali - Arus masuk Bali dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk kembali melonjak dalam akhir pekan pasca Lebaran tahun 2023 ini.

Pada H+7 Lebaran per Minggu (30/4) pagi hingga Senin (1/5) pagi, tercatat sebanyak 51.484 orang penumpang dengan total 16.050 kendaraan yang menyeberang ke Gilimanuk.

Sesuai catatan ASDP, jumlah penumpang masuk Bali pada H+7 Lebaran itu, tercatat paling tinggi dibanding data harian dalam beberapa hari sebelumnya. 

Sebelumnya, jumlah penumpang tertinggi dalam masa arus balik Lebaran tahun ini, sempat terjadi pada H+2 Lebaran, Selasa (25/4). Di mana pada H+2 yang juga bertepatan dengan hari terakhir masa cuti bersama itu, jumlah penumpang masuk Bali mencapai sebanyak 45.407 orang dengan total 12.435 unit kendaraan. 


Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Gilimanuk Djumadi mengatakan, sesuai prediksi sebelumnya, ada dua kemungkian masa puncak arus balik Lebaran. Pertama, adalah pada hari terakhir cuti bersama. Kedua, adalah memasuki akhir pekan yang juga berselang sepakan pasca Lebaran tahun ini. "Dari perbandingan dengan hari terkahir cuti bersama, masih lebih tinggi yang akhir pekan kemarin," ujar Djumadi.

Dalam menghadapi lonjakan arus balik pada H+7 Lebaran itu, kata Djumadi, diberlakukan layanan penyeberangan dengan pola sangat padat. Selain mengoperasikan 32 kapal, juga diberlakukan percepatan port time atau waktu bongkar muat kapal. "Syukurnya cuaca masih mendukung. Cuma dua hari lalu (Sabtu) sempat ditutup karena cuaca buruk," ujar Djumadi.

Sementara memasuki Senin kemarin, Djumadi mengaku situasi arus balik Lebaran terpantau masih cukup ramai. Namun jumlahnya diperkirakan tidak seramai saat Minggu atau sehari sebelumnya. "Sekarang juga masih ramai lancar. Tetapi kalau punckanya (arus balik Lebaran) diperkirakan sudah Minggu kemarin," terang Djumadi. 7ode

Komentar