nusabali

Kejutan, Dani Pedrosa Tercepat FP 1 di Jerez

  • www.nusabali.com-kejutan-dani-pedrosa-tercepat-fp-1-di-jerez

JEREZ, NusaBali - Rider wildcard (undangan) Red Bull KTM Factory Racing, Dani Pedrosa tampil mengejutkan. Pedrosa berhasil mencatatkan waktu tercepat dalam sesi latihan bebas pertama (P1) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (28/4).

Pembalap asal Spanyol itu diikuti pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin di posisi kedua, dan pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami di posisi ketiga. Sedangkan di posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati rider Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini dan pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro.

Ya, dalam MotoGP Spanyol terdapat kehadiran dua pembalap wildcard, yakni test rider Honda Stefan Bradl dan test rider KTM, Dani Pedrosa. Sebelumnya, Pedrosa pensiun dari kompetisi penuh pada akhir 2018.

Sedangkan rider Repsol Honda Marc Marquez, kembali absen karena cedera retak tulang ibu jari tangan kanannya masih belum pulih. Dia digantikan rider Team HRC WorldSBK, Iker Lecuona.

Rider GASGAS Factory Racing Tech 3, Pol Espargaro juga masih absen akibat retak tulang rahang dan tulang belakang. Ia juga lagi-lagi digantikan oleh test rider KTM lainnya, Jonas Folger.

Dani Pedrosa, yang juga test rider KTM sekaligus MotoGP Legend itu, membeberkan alasan yang mendasarinya kembali balapan sebagai rider wildcard dalam Seri Spanyol di Sirkuit Jerez. Dia mendapatkan tugas dari KTM untuk mengumpulkan data dari format baru.

MotoGP akan menggelar 21 seri sepanjang 2023, terbanyak dalam sejarah. Selain itu, para rider akan menjalani total 42 balapan, yakni 21 sprint race dan 21 main race. Akibat sprint race, format pekan balap juga berubah total.

Kini hanya sesi latihan pertama (P1) dan kedua (P2) pada Jumat yang akan menjadi penentu rider yang masuk ke Kualifikasi 1 (Q1) dan Kualifikasi (2). Sprint race digelar pada Sabtu setelah sesi kualifikasi, dan durasinya hanya setengah dari durasi main race pada Minggu. Pedrosa pun mengaku senang bisa balapan lagi. 

"Saya akan menjalani balapan sebagai rider wildcard dalam Grand Prix Spanyol di Jerez tahun ini. Saya sangat senang mendapatkan kesempatan ini bersama KTM Factory Racing," ujar Pedrosa.

Membela KTM sebagai test rider sejak 2019, Pedrosa sempat menolak kembali balapan. Namun, dia akhirnya luluh pada permintaan KTM dan balapan di MotoGP Styria 2021, di mana dia finis ke-10. 

Pedrosa mengaku senang bisa tampil di Jerez, yang merupakan trek favoritnya, dan di mana namanya diabadikan di Tikungan 6. Menurutnya, Jerez punya suasana spesial dan selalu ada atmosfer yang menyenangkan bagi Pedrosa. *

Komentar