nusabali

Peringatan HKB 2023: Simulasi Evakuasi Mandiri Serentak Hari Ini Pukul 10.00 Wita

  • www.nusabali.com-peringatan-hkb-2023-simulasi-evakuasi-mandiri-serentak-hari-ini-pukul-1000-wita

DENPASAR, NusaBali - Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengajak seluruh instansi / organisasi di Bali memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh setiap 26 April dengan melaksanakan simulasi / latihan evakuasi mandiri serempak pada pukul 10.00 Wita.

Sekda Dewa Indra mengarahkan agar kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan seluruh instansi/organisasi mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa/kelurahan, dan desa adat. 

"Ditandai dengan membunyikan kentongan/lonceng/alarm/sirine sebagai tanda terjadinya bencana (sesuai ancaman bencana setempat),” kata Sekda Dewa Indra dalam keterangan persnya, Selasa (25/4). 

Dia menyatakan, imbauan ini merupakan bagian dari langkah-langkah kesiapsiagaan dan sebagai tindak lanjut radiogram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 300.1.7/2278/SJ tanggal 18 April 2023 terkait peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2023.

Selain melakukan simulasi, Sekda Dewa Indra juga mengimbau instansi/organisasi di Bali mengunduh aplikasi InaRisk Personal di Playstore/IOS untuk mengetahui informasi ancaman bencana di lokasi masing-masing dan mengikuti rekomendasi cara mengurangi risikonya. InaRISK Personal berisikan informasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasinya secara partisipatif. 

Setelah mengunduh aplikasi InaRISK Personal, instansi  juga diminta menyusun rencana/prosedur kedaruratan, membentuk tim tanggap darurat, menyiapkan sarana prasarana kedaruratan, serta melaksanakan simulasi/latihan dan evaluasi secara berkala.

Terakhir, instansi/organisasi juga diminta agar mendokumentasikan simulasi/latihan yang dilakukan serta mengunggah ke media sosial.

"Dengan mencantumkan hastag: #HKB2023 #HKBBali2023 #SiapUntukSelamat #BaliSiapUntukSelamat," tandas Sekda Dewa Indra. 
HKB tahun ini mengusung tema 'Tingkatkan Ketangguhan Desa, Kurangi Risiko Bencana'. HKB diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak 2017. 

Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) diperingati setiap 26 April dilatarbelakangi 10 tahun ditetapkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang jatuh pada 26 April 2017. Undang-undang ini sangat penting karena telah melahirkan berbagai legislasi, kebijakan, dan program pemerintah yang mendukung kegiatan mitigasi dan kesiapsiagaan terhadap bencana.

Hari Kesiapsiagaan Bencana bertujuan untuk mengubah paradigma dan mengubah cara pandang menyikapi bencana yang semula respons menuju paradigma pengurangan risiko bencana. Kegiatan utama pada HKB adalah dilaksanakannya latihan atau simulasi serentak di seluruh wilayah Indonesia, seperti latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini, uji shelter, dan lainnya. 7 cr78

Komentar