nusabali

Selama Lebaran, Kelurahan Sumerta Patroli Pastikan Kondusivitas

  • www.nusabali.com-selama-lebaran-kelurahan-sumerta-patroli-pastikan-kondusivitas

DENPASAR, NusaBali.com – Selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang dibarengi momen mudik lebaran, Kelurahan Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur berpatroli untuk memastikan kondusivitas.

Pada Sabtu (22/4/2023) malam, Lingkungan/Banjar Buaji Sari yang disambangi komponen gabungan dari kelurahan, desa adat, dan kecamatan. Komponen yang terlibat dalam patroli kondusivitas wilayah ini adalah Binmas Polsek Denpasar Timur, Camat Denpasar Timur, kelian adat, kepala lingkungan, dan pecalang.

“Kami melakukan pemantauan wilayah dan memastikan lingkungan tetap aman selama momen lebaran ini. Kami juga melakukan pengecekan rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik agar tetap aman,” tutur Lurah Sumerta I Wayan Eka Apriana saat dikonfirmasi pada Minggu (23/4/2023) malam.

Lanjut Eka, komitmen menjaga kondusivitas selama lebaran ini merupakan semangat Basudhaiva Khutumbakam. Slogan Kota Denpasar pemerintahan Jaya Negara-Arya Wibawa ini adalah spirit solidaritas antarsesama atau disebut pula manyama braya.

“Oleh karena itu, kami berharap warga Kelurahan Sumerta senantiasa eling (ingat) dan uning (paham) semangat Basudhaiva Khutumbakam sehingga terwujud solidaritas tanpa memandang suku dan agama,” imbuh Eka.

Eka berharap warganya mampu proaktif menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Dengan demikian, kondusivitas, ketenteraman, dan ketertiban umum dapat dicapai secara kolektif tidak hanya karena dorongan pemerintah. *rat

Komentar