nusabali

Cegah Meningitis, Diimbau Jaga Pola Hidup Sehat

  • www.nusabali.com-cegah-meningitis-diimbau-jaga-pola-hidup-sehat

SEMARAPURA, NusaBali - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyakit meningitis. Caranya, jaga perilaku hidup bersih dan sehat.

Menurutnya, meningitis adalah radang selaput otak yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Dengan gejala demam, sakit kepala kaku kuduk, bisa juga batuk. "Imbauan untuk mencegah meningitis kita harus kembali ke perilaku hidup bersih dan sehat," ujar Swapatni, saat dihubungi Selasa (18/4).

Pola hidup bersih dan sehat dimaksud, antara lain, seperti cuci tangan pakai sabun sebelum mengolah maupun menyentuh makanan. Di samping itu warga diingatkan hati - hati menyantap makanan mentah kotor yang tentunya rawan bakteri. "Makan - makanan yang bersih dan sehat, dan segera melakukan pemeriksaan bila ada tanda- tanda keluhan sakit," kata Swapatni.

Sejauh ini untuk di Kabupaten Klungkung masih nihil ditemukan kasus meningitis. Namun, sosialisasi pencegahan tetap dilakukan. "Yang jelas jaga pola hidup bersih dan sehat. Untuk di Klungkung belum ada laporan sampai saat ini terkait meningitis," imbuh Swapatni.7wan

Komentar