nusabali

Pemkot Distribusikan 46.590 Kilogram Beras ke Keluarga Penerima Manfaat

  • www.nusabali.com-pemkot-distribusikan-46590-kilogram-beras-ke-keluarga-penerima-manfaat

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar mendistribusikan beras dari cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan tahun 2023.

Sebanyak 46.590 kilogram beras diberikan untuk 4.659 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam periode tiga bulan.  Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara usai menyerahkan langsung bantuan pangan beras pemerintah di Kantor Lurah Sesetan, Denpasar Selatan, Senin (17/4), mengemukakan setelah sebelumnya bantuan cadangan pangan pemerintah tahun 2023 diserahkan ke masing-masing camat, kali ini pendistribusian langsung ditujukan kepada masyarakat penerima bantuan.  

“Pemerintah pusat maupun daerah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah. Dengan tujuan agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya,” kata Walikota Jaya Negara. Dikemukakannya, penyaluran bantuan pangan beras ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan akses pangan bagi masyarakat, melalui penyaluran CPP yang bersumber dari cadangan beras pemerintah selama tiga bulan alokasi yakni April, Mei, dan Juni  2023.

“Pemerintah Kota Denpasar menyalurkan bantuan pangan beras, yang nantinya diberikan kepada 4.659 penerima bantuan, dengan total bantuan sebanyak 46.590 kilogram. Setiap penerima bantuan pangan akan mendapatkan masing-masing 10 kilogram beras per alokasi penyaluran,”ujar Walikota Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara berharap, pemberian bantuan pangan ini dapat tersalurkan 100 persen, sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dan mengendalikan dampak inflasi. “Semoga para penerima bantuan pangan (PBP) segera dapat merasakan manfaatnya, sehingga bisa meringankan beban mereka selama beberapa waktu ke depan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Ida Bagus Mayun Suryawangsa menyampaikan penyaluran bantuan pangan beras ini untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasaran sebagai upaya untuk melindungi produsen dan konsumen akibat gejolak harga pangan dan mengendalikan dampak inflasi, kemiskinan, stunting, dan gizi buruk. "Ini juga antisipasi inflasi yang terjadi di Denpasar," imbuhnya.

Sementara Lurah Sesetan Putu Wisnu Wardhana berharap dengan diserahkannya bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penerima sehingga dapat dirasakan kemanfaatannya. "Adapun yang diserahkan di Kelurahan Sesetan sebanyak 265 orang yang terbagi di dalam 14 lingkungan," jelasnya. *mis

Komentar