nusabali

Drawing Sepakbola SEA Games 2023, Indonesia Masuk Grup Ringan

  • www.nusabali.com-drawing-sepakbola-sea-games-2023-indonesia-masuk-grup-ringan

JAKARTA, NusaBali
Tim Nasional sepakbola putra masuk grup ringan dalam fase penyisihan SEA Games 2023, dalam drawing pada Rabu (5/4) petang WITA, di Phnom Penh, Kamboja. Hasilnya, Indonesia U-22 satu grup dengan tuan rumah Kamboja.

Pada SEA Games 2023 memakai format berbeda dibanding sebelumnya. Pada 2021, tim yang ambil bagian adalah pemain U-23, namun kali ini pemain U-22.

Nantinya, dua tim paling atas fase grup SEA Games 2023 akan lolos ke semifinal. Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B. Sedangkan, runner-up Grup A akan berjumpa juara Grup B.

Indonesia pada fase grup terhindar dari lawan-lawan berat seperti juara bertahan Vietnam, Thailand, hingga Malaysia. Hasil drawing itu cukup menguntungkan bagi Indonesia.

Indonesia cukup lama tidak menjadi juara alias meraih medali emas SEA Games untuk cabor sepak bola putra. Harapan untuk meraih emas kembali diapungkan pada edisi 2023.

Indonesia terakhir meraih emas SEA Games pada edisi 1991 di Manila, Filipina. Saat itu, tak ada batasan usia untuk tim yang berlaga di SEA Games. Kondisinya jauh berbeda pada edisi 2023.

Peluang Indonesia untuk bisa meraih emas di SEA Games 2023 terbilang terbuka. Sebab, di atas kertas, lawan yang harus dihadapi Skuad Garuda relatif cukup mudah.

Namun Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games 2023 masih belum mengumumkan jadwal untuk pertandingan sepak bola. Secara umum, SEA Games 2023 akan digelar pada 5 hingga 17 Mei 2023.

Biasanya sepak bola dimainkan sebelum upacara pembukaan . Artinya, Indonesia mungkin akan bermain sebelum 5 Mei 2023. Lebih tepatnya, sepakbola SEA Games 2023 akan dimulai pada 29 April.

Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri yang ditunjuk sebagai pelatih membawa komposisi pemain terbaik karena dibebani target meraih medali emas di Kamboja. Indra memanggil beberapa pemain yang punya caps pada level senior seperti Rizky Ridho dan Witan Sulaeman. Indra juga memanggil pemain yang bermain di luar negeri seperti Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

"Target di SEA Games 2023 memang medali emas. Masa sudah 32 tahun kita tidak juara, terus kita minta ke Tuhan YME untuk medali emas. Wajar dong. Mudah-mudahan diaminkan," ucap Indra Sjafri. *

Komentar