nusabali

Malam Nisfu Sya'ban Jatuh Hari Ini, Simak Keistimewaannya

  • www.nusabali.com-malam-nisfu-syaban-jatuh-hari-ini-simak-keistimewaannya

DENPASAR, NusaBali.com – Malam Nisfu Sya'ban, Selasa (7/3/2023) malam, adalah malam pada tanggal 15 Sya'ban atau 15 hari menjelang bulan Ramadan.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Abu Siri menerangkan 1 Sya'ban 1444 H jatuh pada Rabu (22/2/2023). Berbeda dengan kalender masehi yang dimulai sejak tengah malam, pergantian hari pada kalender Hijriah dilakukan setelah matahari terbenam atau waktu maghrib.

 
“Malam Nisfu Sya'ban 1444 H 2023 jatuh pada Selasa malam ini,” jelas Abu Siri saat dikonfirmasi pada Selasa (7/2/2023) pagi.

Pada malam Nisfu Sya'ban, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah, sebab pada malam Nisfu Sya'ban, Allah SWT akan mengampuni hamba-Nya yang memohon ampun, sekalipun dosa seorang hamba begitu banyak.

Dikonfirmasi secara terpisah, pengajar di Pesantren Al-Fatah, Bima Ismi Arief Effendi menerangkan keistimewaan dari malam Nisfu Sya'ban adalah malam di mana segala permintaan hamba-Nya dikabulkan, malam penuh dengan ampunan, dan umat nabi Muhammad yang berada di neraka diangkat menuju ke surga pada malam Nisfu Sya'ban.

Foto: Pengajar di Pesantren Al-Fatah, Bima Ismi Arief Effend. -IST

Adapun amalan secara spesifik yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban yakni membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali dan diselipkan doa di setiap akhir bacaan Surat Yasin. Selain amalan itu, kata Bima yakni dengan membaca syahadat, membaca istigfar, dan memperbanyak zikir.

“Amalan sunnah pada malam Nisfu Sya'ban yang bisa dilakukan itu dengan Sholat Tasbih, membaca doa malam Nisfu Sya'ban, dan puasa syaban,” ungkap alumnus  Institut PTIQ Jakarta, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bacaan surah pada Al-Qur'an yang dianjurkan pada malam Nisfu Sya'ban itu pada surat Yasin yang dibaca sebanyak 3 kali, diawali dengan niat dan hajat yang akan dilakukan. Lalu di akhir bacaan Surat Yasin, agar memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Faidah dari membaca Surat Yasin yang pertama, lanjut Bima yakni pada bacaan Surat Yasin pertama agar dipanjangkan umur karena ibadah kepada Allah. Sedangkan bacaan Surat Yasin kedua, Agar mendapat rezeki yang banyak dan halal untuk bekal ibadah kepada Allah. 

Terakhir, bacaan Surat Yasin ketiga, agar diteguhkan imannya dan tetap selalu istiqomah dalam kebaikan dan kebenaran sampai akhir hayat (husnul khotimah).“Karena iman itulah yang menentukan nasib masa depan seorang umat,” tuturnya.

Lantas, jelas dia untuk wanita yang sedang berhalangan atau haid, tidak dianjurkan untuk melakukan alaman khusus pada malan Nisfu Sya'ban.

“Namun ada beberapa yang masih bisa dilakukan para wanita yang sedang halangan untuk beramal di malam Nisfu Sya'ban. Seperti berdoa, membaca Surat Yasin, memperbanyak zikir dan sholawat,” pungkasnya. *ris





Komentar