nusabali

Satpol PP Ciduk Pembuang Sampah Sembarangan

  • www.nusabali.com-satpol-pp-ciduk-pembuang-sampah-sembarangan

DENPASAR, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Denpasar menciduk oknum warga yang membuang sampah sembarangan di Jalan Pura Prapat Nunggal, Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan, Kamis (2/3) sekitar pukul 09.00 Wita.

Warga tersebut diciduk karena kerap kali membuang sampah di jalan tersebut dan membuat jalan tersebut terlihat kumuh.  Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Kota Denpasar Nyoman Sudarsana mengatakan, penindakan ini dilakukan karena ada laporan masyarakat ada yang membuang sampah di jalan tersebut. Dari laporan tersebut pihaknya langsung ke lokasi melakukan penindakan bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar.

Bahkan, saat petugas ke lokasi, warga tersebut malah terciduk sedang membuang sampah tidak sesua waktu dan tempatnya. Padahal, saat ini desa/kelurahan di Kota Denpasar tengah gencar menghidupkan swakelola dan pemilahan sampah dari sumber.

Melihat hal tersebut, warga yang kerap dikeluhkan warga lainnya langsung diinterogasi dan dibuatkan berita acara. "Ini laporan dari warga. Ada oknum kerap membuang sampah di pinggir jalan, mereka merasa terganggu dengan  keberadaan sampah-sanpah itu. Setelah kami turun pas ketemu orangnya sedang buang sampah," jelas Sudarsana.

Setelah dibuatan berita acara, oknum warga tersebut diminta untuk ke Dinas LHK Kota Denpasar untuk diproses lebih lanjut. "Perilaku semacam ini jelas tidak baik. Disamping menimbulkan kesan yang kumuh dan kotor juga bisa menyebabkan banjir. Ditengah peliknya mengatasi sampah ternyata ada oknum yang dengan entengnya membuang sampah sembarangan," katanya.

Lebih lanjut dikatakan membuang sampah tidak pada tempatnya sangat menganggu  ketertiban dan keindahan wajah kota. Dengan adanya pengamanan ini dia berharap bisa memberikan efek jera kepada yang bersangkutan. Dia juga berharap kepada masyarakat lainnya agar tidak mengikuti prilaku tersebut dan ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Mari bersama-sama kita berpartisipasi dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Mudah-mudahan jika gerakan ini masif persoalan sampah perlahan-lahan akan dapat terurai," pungkasnya.*mis

Komentar