nusabali

Jaya Negara Terima Kunjungan Study Banding Bupati Belu Terkait Percepatan Elektronifikasi

  • www.nusabali.com-jaya-negara-terima-kunjungan-study-banding-bupati-belu-terkait-percepatan-elektronifikasi

DENPASAR, NusaBali
Keberhasilan Pemerintah Kota Denpasar mengembangkan dan mempercepat pelayanan secara elektronifikasi atau digitalisasi, menjadi latar belakang tujuan kunjungan studi banding dari Bupati Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), dr Agustinus Taolin.

Kedatangan Bupati Agustinus Taolin diterima Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Sekda Ida Bagus Alit Wiradana, di ruang tamu Kantor Walikota, Jumat (24/2).

Kunjungan Bupati Agustinus Taolin yang didampingi Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan NTT Daniel Agus Prasetyo, bertujuan studi banding terkait elektronifikasi pemerintah daerah agar pemkab yang ada di Nusa Tenggara Timur bisa belajar banyak dari Kota Denpasar tentang percepatan dan perluasan digital untuk membentuk aktivitas ekonomi secara elektronik, dan digital dalam pelayanan publik seperti pembayaran retribusi dan pajak.

Walikota Jaya Negara, saat menerima kunjungan Bupati Belu mengungkapkan Kota Denpasar telah melakukan inovasi kemudahan pelayanan pajak bagi masyarakat melalui aplikasi Pajak Digital Denpasar (Pagi Denpasar).

“Peluncuran aplikasi on boarding berbasis Android yang bisa diakses masyarakat Kota Denpasar memberikan percepatan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang perpajakan. Selain itu, masyarakat juga dengan mudah mendapatkan informasi pajak daerah secara elektronik terkait pendaftaran online, pelaporan, dan pembayaran pajak daerah,” kata Walikota Jaya Negara

Selain dari Kabupaten Belu juga hadir Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Sumba Barat yang diwakili oleh Kepala Bapenda.

Dalam studi banding ini, Bupati Agustinus Taolin juga melakukan sharing tentang nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Belu, dan berharap hasil studi banding yang dilakukan di Kota Denpasar ini bisa segera diimplementasikan di Kabupaten Belu, Manggarai Barat, dan Sumba Barat.

Sekda Alit Wiradana menambahkan bahwa Pemerintah Kota Denpasar meraih indeks tertinggi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali.

“Pemerintah Kota Denpasar mendukung sistem digitalisasi daerah dari sektor belanja daerah, dengan harapan bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat,” tambah Sekda Alit Wiradana. *mis

Komentar