nusabali

Beri Asistensi Wajib Pajak, DJP 'Gandeng' 207 Relawan

  • www.nusabali.com-beri-asistensi-wajib-pajak-djp-gandeng-207-relawan

DENPASAR,NusaBali
Sebanyak 207 relawan pajak, siap membantu asistensi wajib pajak (WP) melaporkan Surat Pemberitahuan  (SPT) Tahunan dan Pemandanan NIK-NPWP kepada wajib pajak(WP).

Sebanyak 207 relawan pajak tersebut terdiri dari  mahasiswa berasal  7 perguruan tinggi yang merupakan mitra tax center Kanwil Direktorat Jenderal Pajak(DJP )Bali. Perguruan tinggi tersebut, Politeknik Negeri Bali, Universitas Hindu Indonesia, Universitas Warmadewa, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Dhyana Pura, Universitas Pendidikan Nasional, dan Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Para relawan pajak tersebut telah diserahkan kepada 7 Kantor Pelayanan Pajak(KKP), 4 Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan(KP2KP) di lingkungan Kanwil DJP Bali. Penyerahan dilakukan secara virtual, Jumat(17/2).

Relawan Pajak ini akan ditugaskan  membantu memberikan asistensi para wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara daring melalui situs pajak.go.id mulai  tangggal 20 Februari sampai dengan  31 Maret 2023.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Waskito Eko Nugroho mengapresiasi para relawan pajak tersebut dan tax center organisasi mitra Kanwil DJP Bali. “Semoga relawan pajak ini dapat memberikan manfaat baik kepada wajib pajak maupun kepada DJP nantinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Waskito menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Berdasarkan data kinerja tahun 2022, SPT Tahunan yang telah disampaikan wajib pajak di Kanwil DJP Bali adalah sebanyak 344.892 atau sebesar 104,45 persen  dari target total wajib pajak wajib SPT sebanyak 330.199.

Kata dia, penyampaian  SPT tersebut tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk para relawan pajak dan tax center mitra yang telah melayani wajib pajak dalam kegiatan pendampingan/asistensi.

”Saya berharap relawan pajak tahun ini dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar menambah ilmu sebanyak mungkin di unit kerja nanti, berikan layanan dengan sepenuh hati dan selalu jaga integritas,” imbuhnya.Dia berharap kegiatan asistensi wajib pajak, bermanfaat bagi mahasiswa dan perguruan tinggi.

Dikatakan Waskito relawan pajak ikut berperan dalam mewujudkan warga negara yang baik, patuh dan taat pajak. Jumlah 207 relawan pajak tahun 2023 ini, lebih banyak dari tahun 2022 lalu, sebanyak 197 relawan. Sedangkan program asistensi  kepada wajib pajak, telah berlangsung selama 5 tahun. *K17.

Komentar